Breaking News
(Foto : Istimewa)

TERTAWALAH SEBELUM TERTAWA JUGA DILAPORKAN

Oleh: Gus Nur

(Foto : Istimewa)

Karena akhir zaman itu memang aneh banget. Karena mimpi saja bisa jadi delik laporan. Jangan-jangan melamun pun nanti bakal dilaporkan juga.  Jadi sebelum kejadian beneran maka kita senyum-senyum saja duluan dan berusaha bikin orang senyum juga. Karena ini juga perbuatan baik yang tidak terasa.

Bikin senyum orang itu gak semata-mata kebiasaan harian saja. Bener, sebagai seorang Muslim apa yang dilakukan sekecil apapun harus atas dasar perintah dan larangan Allah SWT. Atau harus ada alasan syar’i nya. Nah diantaranya sbb:

  1. Idkholus surur fi qulubil mu’minin (memasukkan kebahagiaan di hati orang-orang beriman).

Ini juga ibadah yang dalilnya banyak, googling saja. Banyak banget. Tapi ironinya saya sendiri banyak teman yang sering tertawa diatas sedihnya orang lain.

Kalo saya lagi cerita sedihnya gak bisa poligami, eh yang baca malah ketawa, keras banget. Dibikin curhat dipesbuk, eh simbol ketawanya yang banyak. Katanya temen tapi kok gitu…. tapi biarin dah, asal lu seneng saja.

  1. Tertawa itu salah satu cara melawan kesedihan.

Sementara orang bersedih bisa-bisa menggugat taqdir. Apalagi jaman susah kayak gini. Ditolak kerja bilang, “kenapa sih saya sial banget?” Lagi bokek bilang, “kenapa sih gak jadi anak orang kaya saja?” Gak diterima PNS nyesel, “kenapa sih kemarin gak nyogok saja?” Ditolak embak-embak akhwat galau, “kenapa sih saya gak dibikin ganteng berduit?”

Karena mikirin sedih mulu akhirnya dia mempertanyakan taqdir yang harusnya dia terima dengaan bersabar atau bersyukur. Jadi menghadapi apapun dengan tertawa itu bisa menguatkan hati biar bisa sabar gak meratapi nasib.

Saya punya temen. Mau tak tulis inisialnya tapi kemarin pesen, “jangan tulis nama Gus!”. Temen saya ini kalo cerita sedih pun bisa sambil tertawa. Sering banget ta’arufan untuk poligami dan semuanya gagal sampek sekarang. Tapi belionya bisa cerita sambil tertawa. Bisa menerima keadaan dengan tersenyum. Padahal secara natural ditolak akhwat itu menyedihkan loh. Tapi mungkin maqomnya sudah jadi wali ketawa.

  1. Biar ada alternatif hiburan diluar jalan maksiat.

Dulu saya masygul sama kyai-kiyai yang materinya dikit banget ketawanya banyak banget. Pengajian kok ketawa mulu. Tapi dipikir-pikir memang kebutuhan. Orang banyak susah. Biaya hidup tinggi, kerjaan susah, anak sulit diatur, pokoknya banyak masalah yang bikin pusing. Kalau orang gak bisa terhibur dijalan yang bener maka dia akan cari hiburan di jalur maksiat, ngedugem, nongkrong di pinggir jalan sambil suit-suitin ukhti-ukhti yang lagi lewat, dosa.

Jadi kalo ada kiyai yang bisa bikin ketawa walopun materinya dikit banget maka bagus sekali. Karena tiap pengajian pasti ada barokahnya. Setidaknya menjauhkan orang dari mencari hiburan yang maksiat.

  1. Kebahagiaan itu memunculkan aura/ion positif.

Kajian saintisnya ada di buku “The Power of Healing” karangan Prof. Masaru Emoto. Aura positif itu bisa menjadikan sesuatu semakin enak dinikmati. Ibarat istri kita nyediain secangkir kopi sambil tersenyum di pagi hari rasanya pasti wonderful day. Tapi kalo pagi-pagi muka dah manyun ketekuk apalagi nggak ada yang tersaji,  gak usah dibayangin.

Jadi usahain saja selalu senyum dan bikin orang tersenyum. Biar fresh biar plong biar beban makin ringan biar bisa menerima takdir dengan ikhlas.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur