Breaking News
KH Sya'roni Ahmadi Al Qudsy dan KH Agus Sunyoto (Foto : Dokumentasi Salim A. Fillah)

Padamnya Dua Lentera

Oleh: Salim A. Fillah

KH Sya’roni Ahmadi Al Qudsy dan KH Agus Sunyoto (Foto : Dokumentasi Salim A. Fillah)

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun… Duka ummat atas wafatnya dua mata air ilmu :  Syaikhana KH Sya’roni Ahmadi Al Qudsy dan KH Agus Sunyoto, Ya Allah… Anugerahi kami pahala atas musibah ini, dan gantilah untuk kami yang lebih baik darinya.

KH Sya’roni Ahmadi adalah Mahaguru Quran yang mengasuh Madrasah Qudsiyah. Selain Ahli Qiraat dan pakar Tafsir yang mumpuni lagi istiqamah dalam memberikan ta’lim. Beliau telah menulis banyak kitab yang berfaidah seperti : Al Faraid Al Saniyah tentang I’tiqad Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Faidh Al Asany 3 Jilid tentang Qiraat Sab’ah. At Tasrih Al Yasiir fii ‘Ilmit Tafsiir. Tarjamah At Tarsil At Turuqat tentang Manthiq. Dan, tarjamah Al Ashriyah. Beliau pula amat tekun mengkaji dan mengajarkan Kitab Faidh Al Barakat fii Sab’il Qiraat karya guru beliau, Syaikhana KH Arwani Amin Al Qudsy.

KH Agus Sunyoto yang menjabat sebagai Ketua Lesbumi (Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia) PBNU adalah peneliti sejarah yang tekun. Di antara karya monumental beliau adalah Atlas Walisongo yang menyibak banyak fakta menarik seputar sejarah penyebaran Islam di Jawa di Abad XV. Selain itu beliau juga menulis tentang Resolusi Jihad, Banser Berjihad Melawan PKI (1995), Sunan Ampel: Taktik dan Strategi Dakwah Islam di Jawa (1990), Suluk Abdul Jalil: Perjalanan Ruhani Syeh Siti Jenar, buku 1 dan 2 (2003), Darul Arqam: Gerakan Mesianik Melayu (1996), dan banyak karya lainnya.

Al Quran dan Sejarah adalah dua pelita yang sangat penting bagi ummat. Sayyidina Sa’d ibn Abi Waqqash dan Sayyidina Al Hasan ibn ‘Ali ibn Abi Thalib sama-sama pernah menyatakan bahwa yang para sahabat Nabi ﷺ ajarkan pada putra-putri mereka adalah Al Quran dan Maghazi Rasulillah ﷺ, sejarah kepahlawanan Rasulullah ﷺ.

اللهم اغفر لهما وارحمهما وعافهما وأعف عنهما

وأكرم نزلهما ووسع مدخلهما واغسلهما بالماء والثلج والبرد ونقهما من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس

وأبدلهما أهلا خيرا من أهلهما و دارا خيرا من دارهما و زوجا خيرا من زوجهما وأدخلهما الجنه وقهما عذاب القبر

آميـــن

About Redaksi Thayyibah

Redaktur