Breaking News
Musibah datang bisa jadi karena dosa kita - Ilustrasi gambar

Khawatir Akan Dosa Walaupun Hanya Sedikit

thayyibah.com :: Salah satu ciri muslim yang berjiwa hanif mencari kebenaran adalah merasa tidak tenang dengan dosa walaupun sangat sedikit.

Sebagaimana perkataan Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, “Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di bawah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.“ (HR. Bukhari no. 6308)

Maka seorang mukmin akan berusaha menghapus dosanya walaupun sedikit dengan segera.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa membaca: ‘Subhanallahi Wabihamdihi’ (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Muslim No.4857)

Akan tetapi perlu diperhatikan, jangan dengan ada hadits ini, kita jadi meremehkan dosa, berpikir nanti gampang akan dihapus sebentar dengan bacaan ini.

Al-Munawi rahimahullah berkata,“Orang yang mengandalkan terus dzikir ini akan tetapi ia terus bermaksiat sekehendak syahwatnya, melanggar agama Allah dan kehormatannya, Janganlah ia menyangka akan disamakan dengan orang yang dibersihkan dan disucikan, jangan menyangka ucapannya akan mendapat pahala dengan lisannya, padahal tidak ada ketakwaan (rasa takut) dan amal shalih pada dirinya.” (Faidhul Qadir 6/190)

CATATAN:
1. Dosa yang dihapus adalah dosa atau kesalahan pada hak Allah saja, jika berkaitan dengan hak anak Adam, maka harus diselsaikan dengan yang bersangkutan, meminta maaf atau mengembalikan haknya berupa barang atau hutang.

2. Dosa yg dihapus adalah dosa-dosa kecil, adapun dosa besar yang ia lakukan terus menerus maka ia harus bertaubat secara khusus dengan taubat nasuha dan syarat-syarat taubat nasuha.

3. Jika merasa melakukan dosa yang besar, maka ia bisa melakukan shalat taubat dua rakaat.

4. Ada dzikir setelah shalat yang juga menghapus dosa sebanyak buih di lautan, akan tetapi caranya setelah selesai shalat saja.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,
“Barangsiapa mengucapkan tasbih (mengucap ‘subhanallah’) di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali, mengucapkan hamdalah (mengucap ‘alhamdulillah’) sebanyak 33 kali, bertakbir (mengucap ‘Allahu Akbar’) sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) seratus ia mengucapkan:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
[Tiada Tuhan yang berhak disembah dengan haq selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu], maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim). [muslimafiyah/berdakwah]

Sumber: https://news.berdakwah.net/2017/03/khawatir-akan-dosa-walaupun-hanya-sedikit.html?m=1

About A Halia