Fakta Menarik Seputar SEA Games Filipina 2019

 

thayyibah.com :: Sea Games digelar setiap dua tahun sekali. Kini Filipina menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara sejak 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019. Lima negara sementara menempati posisi teratas dalam Sea Games 2019 hingga pukul 18.38 WIB, yakni Filipina, Vietnam, Thailand, Indonesia dan Singapura.

Selain itu, dalam Sea Games 2019 ditemukan banyak hal-hal baru dan menarik. Berikut fakta-fakta menarik di Sea Games Filipina 2019:

Pertandingan Mobile Legends dan DOTA 2

SEA Games 2019 menggelar 6 cabang esports yakni Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Tekken 7, Starcraft II, Hearthstone, dan DOTA 2. Indonesia ikut serta dalam pertandingan esports di Sea Games di Filipina. Enam orang ditunjuk untuk mengikuti pertandingan ini, yaitu Gustian, Muhammad Ridwan, Eko Julianto, Yurino Putra, Teguh Iman Firdaus, dan Andriand Larsen.

Dalam pertandingan Mobile Legends, Indonesia harus bangga dengan perolehan medali perak. Indonesia dikalahkan dengan tuan rumah Filipina.

Peselancar Filipina Selamatkan Peserta Indonesia

Peselancar Filipina, Roger Casugay menyelamatkan lawannya, Arip Nurhidayat, yang hanyut dan dihantam tiga gelombang tinggi setelah tali seluncurnya putus di tengah putaran ke-3 kompetisi selancar pria pada hari Jumat, 6 Desember. Padahal saat itu, medali emas sudah ada di depan mata.

“Peselancar lokal @roger_casugay menyelamatkannya tanpa memikirkan lagi perlombaan yang bisa membuatnya mendapat medali emas,” unggahan Facebook oleh Jefferson Ganuelas sebagaimana dilansir dari Rappler, Senin (9/12).

Dalam foto yang diunggah, kedua peselancar tersebut menggunakan satu papan selancar setelah upaya penyelamatan. Komisi Olahraga Filipina juga berkicau terkait aksi heroik tersebut dan memuji Casugay telah menunjukkan hati seorang juara.

“Walaupun kehilangan titik akhir emas, dia menjadi pemenang bagi banyak orang dengan pengorbanannya untuk saudaranya di bidang olahraga. Dia sungguh menunjukkan hati seorang juara. Seorang juara Filipina!” tulisnya.

Cabang Olahraga Lebih Banyak

Dalam Sea Games 2019 di Filipina, ternyata cabang olahraganya lebih banyak. Menurut situs Sea Games, ada 56 cabang olahraga di Sea Games Filipina. Saat Sea Games di Indonesia, hanya ada 44 cabang olahraga. Diperkirakan ada 8.750 atlet yang ikut ajang olahraga ini. Kemudian ada 2.050 tim teknis, 1.500 wartawan, dan 12.000 sukarelawan.

Sumber: merdeka.com

About A Halia