Breaking News
Akhirnya, sebelum sampai tanggal 27 April Nabila menghapus gerakan meminta sedekah itu dari akunnya.

TAMPIL SESAAT DI IG NABILA UNTUK DIHAPUS

Gerakan Meminta Sedekah Yusuf Mansur

Gerakan meminta sedekah Yusuf Mansur tampil sesaat di IG Nabila (Foto : Istimewa)

Lida Nabila, atau yang memiliki nama lengkap Ellisa Salsanabila (Nabila), adalah pedangdut asal Aceh yang lahir pada tanggal 23 Agustus 2001. Nabila adalah jebolan Lida Dangdut (Lida) Indosiar 2018. Selain menyanyi, Nabila juga bermain sinetron.

Sebagaimana artis muda pendatang baru lainnya, Nabilla juga punya akun media sosial, terutama Instagram (IG). Lewat media ini, Nabila bisa memperkenalkan dirinya ke publik. Lewat akun IG Nabila yang bernama ‘lida_nabila23’ terpantau followers Nabila menyentuh 800 ribuan. Terlihat followers Nabila adalah anak-anak muda yang sering disebut anak baru gede (ABG).

Melihat potensi followers Nabila ini, penyanyi yang masih kuliah ini masuk dalam radar tangkapan Yusuf Mansur. Nabila kemdian diajak ikut dalam program pengumpulan sedekah oleh Yusuf Mansur.

Akhirnya, sebelum sampai tanggal 27 April Nabila menghapus gerakan meminta sedekah itu dari akunnya.

Seperti tahun-tahun yang sudah, setiap datang bulan April, Yusuf Mansur mempublis program Gerakan Sedekah Nasional. Gerakan yang lebih pada penyebaran spanduk, brosur dan status media sosial ini bertujuan meminta sedekah dari masyarakat. Tanggal 27 April adalah hari yang dimaksud Yusuf Mansur sebagai Gerakan Sedekah Nasional itu. Lalu, sedekah kepada siapa? Ya, kepada Yusuf Mansur tentunya.

Bulan April tahun ini, Yusuf Mansur kembali menyebar spanduk dan brosur meminta sedekah itu. Di situ tetap dicantumkan rekening Yayasan Darul Quran (Daqu) Nasional. Kemudian ada nama Daqu Cirebon disematkan dalam spanduk dan poster itu. Dan, tak luput foto Nabila ikut terpampang di situ.

Penulis kemudian menghubungi pengurus Daqu Cirebon di nomor 085559425180, menanyakan status kehadiran Nabila dalam brosur itu. Menurutnya, Nabila hanyalah influencer yang diminta oleh tim Daqu untuk dipasangkan fotonya.

“Tim kami komunikasi lewat DM IG, mengajak influencer untuk mendukung gerakan sedekah nasional tahun ini,” begitu alasan pengurus Daqu ini.  Pertanyaan penulis selanjutnya soal bagaimana Nabila mau ikut dan apa konpensasinya tidak dijawab oleh pengurus Daqu tersebut.

Kamis (29/4) kemarin penulis berkesempatan berbuka puasa bersama Nabila di sebuah rumah makan di bilangan Tebet, Jakarta. Kepada Nabila, penulis dan beberapa rekan wartawan yang ada bertanya soal proses Nabila bisa tampil di gerakan meminta sedekah Yusuf Mansur ini.

Nabila bertutur, awalnya dia dihubungi oleh orang suruhan Yusuf Mansur. Meminta untuk mendukung gerakan meminta sedekah ini. Nabila melihat ini adalah upaya mengajak masyarakat untuk beramal. “Saya memang tak  langsung ikut kegiatan in. Siapa tau, followers saya ada yang mau bersedekah untuk Yusuf Mansur,” kata Nabila.

Nabila mengaku dia tidak dalam rangka meng-endorse gerakan meminta sedekah Yusuf Mansur ini. Dia hanya diminta untuk membantu. Lebih dari itu, Nabila tidak mendapat apa-apa. Nabila juga mengaku tak tahu menahu soal kelangsungan gerakan meminta sedekah itu. Apalagi sampai mendapat bagian dari uang sedekah yang dikumpulkan Yusuf Mansur.

Itu pula sebabnya, belum juga sampai tanggal 27 April, tanggal yang ditetapkan sendiri oleh Yusuf Mansur sebagai gerakan meminta sedekah nasional, Nabila menghapus status gerakan sedekah itu dari akun IG-nya.

Kasus Nabila dengan gerakan meminta sedekah Yusuf Mansur ini, mengingatkan kita pada artis-artis ternama yang pernah tampil bersama Yusuf Mansur. Macam-macam predikat diberikan Yusuf Mansur kepada artis-artis ini. ‘Duta Daqu’, ‘Duta Sedekah’ dan lain sebagainya. Namun kini, satupun artis-artis itu tak ada yang bertahan dengan Yusuf Mansur. Cukup sekali saja mereka tampil bersama.

Tak dapat artis ternama, Yusuf Mansur lalu membidik artis pendatang baru, seperti Nabila ini. Tapi itupun haya sekali tampil untuk durasi waktu yang pendek. Ya, kini gerakan meminta sedekah Yusuf Mansur itu telah menghilang dari akun Nabila. Dan, Yusuf Mansur pun kembali mencari peluang lain. Tetap meminta sedekah!

 

About Darso Arief

Lahir di Papela, Pulau Rote, NTT. Alumni Pesantren Attaqwa, Ujungharapan, Bekasi. Karir jurnalistiknya dimulai dari Pos Kota Group dan Majalah Amanah. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat.