Breaking News

Jembatan Kereta Api Cikubang

 

Salah satu jembatan kereta api peninggalan Belanda yang masih aktif dan membuat kagum adalah jembatan legendaris Cikubang. Jembatan ini persisnya berada di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Jembatan yang melintang sepanjang 300 meter ini konon dikenal sebagai jembatan kereta api yang masih aktif dan terpanjang di Indonesia.

Menurut arsip Heritage Kereta Api Indonesia, jembatan yang terbuat dari rangkaian baja kokoh ini dibangun pada 27 Desember 1902 dan mulai dioperasikan empat tahun kemudian.

Awalnya jembatan ini dipergunakan untuk jalur kereta api yang menghubungkan Karawang – Purwakarta – Bandung dan dibangun oleh perusahaan kereta api negara Staatssporwegen (SS).

Salah satu alasan pembangunan jembatan tersebut karena rute jalur tengah kereta api Jawa Barat rata-rata melewati jalur tebing dan membelah gunung, sehingga diperlukan jembatan penghubung sebagai perantara jalur.

Dengan dikelilingi hamparan hutan dan berdiri kokoh setinggi 80 meter di atas sungai Kubang menjadikan jembatan yang terlihat jelas dari jalan Tol Cipularang antara Plered dan Padalarang ini menjadi sesuatu yang dinanti nanti ketika menaiki kereta Ekonomi Lokal Cibatu (Kereta Api Si Mandra), KA Argo Parahyangan, atau KA Serayu yang melintasi jalur eksotis ini.

 

(Deno Khalifa di KRL-Mania)

About Redaksi Thayyibah

Redaksi Thayyibah
Redaktur