Breaking News

Rani, Perupa Indonesia Pameran Lukisan di Budapest

Lukisan Potret Diri

 

Dunia seni rupa di Indonesia boleh bertepuk dada. Kali ini, salah satu putri terbaik negeri gemah ripah lohjinawe Dwi Rachmatika Maharani atau biasa disapa dengan panggilan Rani menampilkan karya lukisnya di VarMezo Galeria, Budapest, Hungaria, 14 September-28 September 2019.

 Pameran yang berlangsung di galeri pusat kota Budapest ini selain diikuti oleh satu-satunya perupa asal Indonesia juga menyertakan para pelukis dari delapan negara antara lain Finlandia, Prancis, Jerman, Austria, Hungaria, Jepang dan Italia.

 

“Pada pameran ini kami menampilkan 64 lukisan dari 49 pelukis yang berasal dari delapan negara, salah satunya dari Indonesia,” kata panitia.

 Seorang panitia yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan di ruang pameran, lukisan Rani menjadi salah satu daya tarik pada pameran ini. “Beberapa perupa mengagumi lukisan Rani yang dianggap alami dan jernih,” ucapnya dengan senyum tipis.

 

Rani, perempuan asal Batu Jawa Timur, memamerkan karyanya berjudul “Potret Diri”. Lukisan ini, sebelumnya pernah menyabet penghargaan sebagai lukisan terbaik di Hungaria setelah mengalahkan 50 lukisan dari para perupa di Hungaria pada Juli 2018.

 Menurut Petronella Vince, pelukis Hungaria yang juga ikut dalam pameran tersebut, dan Melinda, Chief Organizer pameran, lukisan Rani wajar memenangkan lomba lukis. “Maharani seorang pelukis berbakat, karyanya natural. Saya pikir bakat dia perlu dikembangkan terus. Dia harus sering mengikuti pameran internasional seperti ini,” ujar Petronella.

 

Setali tiga uang dengan Petronella, seorang pelukis asal Finlandia, Anneli Di Francis yang turut memamerkan karya lukisnya, menambahkan, “Saya kagum dengan lukisan Rani, tampak mirip wajah, natural dan otentik.”

 Sementara itu, seorang kurator Indonesia dan pengamat budaya asal Jawa Timur sekaligus perupa, Sukarno, sangat mengagumi karya seni lukis Rani ketika dia melihat foto lukisan “Potret Diri” yang dilukis pada 1995.

 Menurut Sukarno, lukisan “Potret Diri” karya Rani sangat kuat goresannya. “”Goresan lukisan Rani sangat tegas, kuat dan komposisinya bagus. Dari sisi estetika lukisannya indah serta ekspresif. Tidak mudah melukis seperti itu, saya yakin karya seni pelukis asal Batu tersebut bakal dicari kolektor dengan harga mahal.”

 Saat ini, Rani telah memiliki sebuah galeri yang didirikan bersama manajernya di Budapest, Hungaria. Galeri bernama PavilionSix Art Gallery Budapest itu berisi sekitar 50 lukisan termasuk karya lukis dari para perupa di Jawa Timur. (Dewi)

 

Foto-foto : Suasana pameran di VarMezo Galeri, Budapest Hungaria, 14-28 September 2019. PavilionSix Art Gallery Budapest, Budapest, Hungary, CP: Chris +36204333009

 

 

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur