Breaking News
Anak-anak pengungsi Rohingya di kamp Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto Reuters)

ASEAN Ingin Bentuk ‘Zona Aman’ Bagi Muslim Rohingya

Anak-anak pengungsi Rohingya di kamp Cox’s Bazar, Bangladesh. (Foto Reuters)

thayyibah.com :: Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bertekad untuk memimpin proses repatriasi bagi Muslim Rohingya yang saat ini tinggal di kamp pengungsian di Bangladesh.

“Thailand saat ini adalah pemimpin ASEAN. Mereka bersedia untuk mengambil peran utama dalam proses repatriasi (pemulangan, red) Rohingya,” kata Menlu Bangladesh AK Abdul Momen, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Kamis (04/04/2019).

Pernyataan itu diungkapkan Momen saat jumpa pers setelah menerima kunjungan Menlu Thailand  Don Pramudwinai , di Dhaka, Bangladesh.

Pramudwinai menyebutkan, pihaknya telah mengirim delegasi untuk meninjau pedesaan di negara bagian Rakhine, Myanmar, kampung halaman Muslim Rohingya.

Namun, Menlu Bangladesh Abdul Momen menilai Myanmar masih tidak terbuka dalam kasus ini. Ia bahkan menuduh Myanmar sengaja membawa delegasi asing melihat desa-desa yang tidak rusak di sekitaran Rakhine.

Saat ditanya soal ‘zona aman’, Momen menyebut Pramudwinai sepakat dengan ide tersebut. Hanya saja, pihak Thailand menurutnya ingin mencari istilah lain, karena zona aman dinilai tidak bisa diterima semua pihak.

Pramudwinai mengatakan ASEAN ingin menciptakan lingkungan seperti itu di Myanmar di mana Rohingya mungkin merasa aman untuk kembali, kata Momen. (thayyibah.com)

About Azah