Breaking News
Wakil Presiden Turki Fuad Oktay. (Foto Anadolu)

Berbalas Cuitan dengan Wapres AS, Wapres Turki: AS Pilih Turki atau Teroris?

Wakil Presiden Turki Fuad Oktay. (Foto Anadolu)

thayyibah.com :: Pemerintah Amerika Serikat (AS) dihadapkan pada dua opsi yaitu mempertahankan aliansi dengan Turki atau berdiri bersama kelompok teroris. Demikian disampaikan oleh Wakil Presiden Turki Fuad Oktay, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Kamis (04/04/2019).

“Amerika Serikat harus memilih. Apakah negara itu ingin tetap menjadi sekutu Turki atau mempertaruhkan persahabatan dengan bergabung bersama teroris untuk merusak pertahanan NATO melawan musuh-musuhnya?” tulis Oktay di Twitter.

Pernyataan Oktay dimaksudkan untuk menanggapi cuitan Wapres AS Mike Pence, yang menyoroti kembali pembelian sistem pertahanan S-400 dari Rusia. Diketahui, keputusan Turki membeli S-400 disoroti banyak pihak karena sistem itu dianggap tidak kompatibel dengan sistem pertahanan anggota NATO.

“Turki harus memilih. Apakah ia ingin tetap menjadi mitra penting dalam aliansi militer paling sukses dalam sejarah atau apakah ia ingin mengambil risiko keamanan kemitraan itu dengan membuat keputusan sembrono yang merusak aliansi @NATO kita?” tulis Pence.

Tak hanya itu, pasangan Presiden Donald Trump tersebut juga menekankan penundaan pengiriman jet supersonik F-35 ke Turki.

Padahal, Turki turut berkontribusi dan bergabung pada Program Pengembangan Jet F-35 sejak tahun 2002. Sekitar US$1,25 miliar juga telah diinvestasikan Turki untuk mendukung program tersebut. (thayyibah.com)

About Azah