Breaking News
Sistem pertahanan udara S-400 Rusia. (Aljazeera)

Sistem Rudal S-400; Penyebab Krisis Baru Turki dan Amerika Serikat

Sistem pertahanan udara S-400 Rusia. (Aljazeera)

thayyibah.com :: Pemerintah Amerika Serikat pada Jumat (08/03/2019) kemarin memperingatkan Turki untuk membatalkan pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia. Jika tidak, secara tegas AS menyebut tidak segan untuk menjatuhkan sanksi terhadap Turki.

Selain itu, Washington juga mengancam tidak akan menyerahkan pesawat tempur supersonik F-35, yang mana Turki juga memiliki saham dalam pengembangannya.

Menhan Turki Hulusi Akar menjelaskan, ancaman AS terhadap Turki melanggar undang-undang yang berlaku.Terlebih saat ini ada sejumlah pilot dan teknisi Turki  yang tengah berlatih untuk mengoperasikan F-35.

Sebelumnya, Akar menyebut negaranya akan secara resmi menerima S-400 dari Rusia pada bulan Oktober mendatang.

“Membeli sistem S-400 bukan pilihan, melainkan desakan. Kita terpaksa agar mampu melindungi dan mempertahankan 82 juta warga negara Turki,” tutur Akar seperti dikutip dari Anadolu Arabic, Sabtu (09/03/2019).

Pembelian S-400 Turki ini dinilai akan menjadi penyebab krisis baru dengan AS. Sebelumnya, kedua negara acapkali terlibat ketegangan dalam sejumlah isu.

Krisis terbaru Turki-AS menyebabkan jatuhnya perekonomian dan nilai mata uang Turki bulan Agustus 2018 lalu. Kedua negara masih terlibat perbedaan pendapat terkait Suriah, sanksi Iran, isu Palestina dan lainnya. (thayyibah)

About Azah