Breaking News

5 Anjuran Rasullulah SAW Agar Pergi Liburan Berlimpah Berkah

5 Anjuran Rasullulah SAW Agar Pergi Liburan Berlimpah Berkah
Sebelum anda bersenang senang menikmati liburan, ada baiknya ikuti 5 anjuran Rasulullah SAW berikut ini agar liburan menjadi berkah bagi fisik dan bantin

thayyibah.com :: Menjelang akhir pekan tak pelak pikiran kita sudah mengawang ngawang untuk pergi liburan. Liburan dirasa perlu karena selain untuk meregangkan otot dan menetralkan pikiran dari rutinitas sehari hari, liburan juga dapat membuat kita semakin fokus dan termotivasi menjali kehidupan.

Namun sebelum anda bersenang senang menikmati liburan, ada baiknya ikuti 5 anjuran Rasulullah SAW berikut ini agar liburan menjadi berkah bagi fisik dan bantin.

 

1. Berdoa Sebelum Berangkat

Jika sudah berada di atas kendaraan saat hendak berangkat liburan, hendaklah mengucapkan ” Allahu akbar sebanyak tiga kali, lau Setelah itu membaca;

“ Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (HR. Muslim)

 

2. Selalu Berdoa Sepanjang Perjalanan

Rasulullah SAW bersabda;

” ada tiga doa mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orang tua kepada anaknya” . (HR. Abu Huraiah)

 

3. Berdoa Meminta Perlindungan Sesampainnya di Tempat Liburan

Rasulullah SAW bersabda;

” Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa; aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya- maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut” . (HR Muslim)

 

4. Segera Pulang Jika Memang Sudah Selesai Liburan

Rasulullah SAW bersabda;

” Berpergian itu sebagian dari siksa, karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Karena itu, apabila seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya” . (HR. Bukhari)

 

5. Singgah di Masjid Sebelum Pulang

Diriwayatkan Kab bin Malik, apabila Rasulullah SAW datang dari bepergian, beliau terlebih dahulu masuk masjid dan melakukan shalat dua rakaat.

 

Artikel: https://www.dream.co.id/jejak/5-anjuran-rasullulah-saw-agar-pergi-liburan-berlimpah-berkah-151218j.html

About A Halia