Breaking News

Salah Apa Hutan Kita?

kebakaran-hutan

thayyibah.com :: Kebakaran hutan di Indonesia saat ini, bukan kali pertama terjadi. Guinness World Records pada 2008 pernah mencatat rekor Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia. Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan seluas 1,8 juta hektare.

Banyaknya kebakaran hutan tahun ini, bukan hanya rakyat Indonesia yang merasa dirugikan, beberapa Negara tetangga juga ikut merasakan sesaknya kabut asap selama berpekan- pekan. Sungguh keadaan yang sangat tidak menyenangkan.

Kita sebagai umat muslim sudah sepatutnya menjaga semua nikmat yang Allah beri, termasuk nikmat keindahan alam, dan bahkan nikmat menghirup udara segar. Namun kasus ini membuktikan bahwa manusia justru hanya bisa merusak dan mengubahnya menjadi musibah. Seperti pada qur’an surat Asy-Syuura ayat 30;

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh tanganmu sendiri.” 

Terjadinya musibah ini di  tahun-tahun lalu ternyata tidak menyurutkan niat manusia untuk selalu merusak dan terus merusak. Bahkan mirisnya, tak sedikit manusia yang  mengeluh dan menyebut hutanlah penyebab mereka menderita, padahal faktanya manusialah penyebabnya.

Masihkah kita tega melihat bumi kita yang kering ini semakin tandus? dan membiarkan tangan-tangan tak bertanggungjawab terus menerus menciptakan kerusakan, hingga hutanpun yang selama ini selalu memberi kesejukkan mulai diabaikan? naudzubillah. (ai/thayyibah)

About A Halia