(Foto : Warta Kota)

Formula E Jakarta

Oleh: Choirul Aminuddin

(Foto : Warta Kota)

Balap mobil internasional Formula E di sirkuit Ancol, Jakarta, selesai sudah pada Sabtu 4 Juni 2022.

Ajang adu cepat mobil formula yang sebelumnya diragukan oleh berbagai kalangan di Jakarta ini, Alhamdulillah, berakhir dengan sempurna.

Untuk itu, kita semua layak angkat jempol bagi seluruh pemangku kepentingan, panitia dan siapapun yang terlibat pada ajang bergengsi yang disiarkan secara langsung ke 150 negara.

Kita sebagai bangsa Indonesia patut bangga terhadap lomba balap yang salah satunya diniatkan sebagai bentuk partisipasi Jakarta terhadap kampanye “Zero Emition” ini.

Sebelumnya ibu negara ini kerap disorot pecinta lingkungan dunia sebagai kota polutif. Lalu lintas semrawut dan macet di mana-mana. Namun, ketika para penyorot itu hadir di Jakarta sekaligus menyaksikan perhelatan akbar di Ancol, jempol mereka cepat-cepat diangkat setinggi langit.

“Pandangan mereka terhadap Jakarta ternyata keliru!”

Sangat tidak berlebihan jika Jakarta mendapatkan pujian atas kegiatan Formula E, kemarin. Bahkan presiden, politikus Senayan, dan kelompok masyarakat kritis turut bangga setelah menyaksikan adu cepat mobil bertenaga listrik ini.

Apakah kalian termasuk yang bangga? Semoga ya. Kegiatan kemarin silahkan ditanggapi dari berbagai sudut pandang.

Bila kalian demen berpolitik, maka pandangan itu bisa saja sumir. Misalnya berkata, “Ah… itu kan untuk pecitraan sebagai ajang kampanye 2024!” Atau ada yang mengatakan, “Wuaah dia gubernur hebat, layak maju pada 2024!”

Dua pandangan dikotomis ini sah-sah saja, silahkan berpolemik. Berikanlah perspektif yang cerdas tanpa mengurangi rasa hormat terhadap perbedaan pendapat.

Dari aspek lain, apapun kata orang, balapan Formula E telah memiliki dampak ekonomi, mendatangkan devisa, belum termasuk hak siar dari 40 televisi dunia yang menyiarkannya ke 150 negara.

Bagaimana dampak sosialnya? Luar biasa pula. Betapa nestapa, Jakarta sebelumnya mendapatkan nilai miring baik dari sisi keamanan maupun kesehatan -akibat covid 19.

Nah, Formula E kemarin, membuat setidaknya 150 negara matanya melek melihat Jakarta yang begitu gemerlap tanpa ada kriminalitas. Para tamu asing pun senang ketika mereka hadir menyaksikan Formula E.

Oleh sebab itu, diakui atau tidak, Formula E telah menjadi “corong mujarab” negara, sekaligus memperlihatkan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia pada umumnya, tidak seperti yang mereka nilai sebagai sebuah negara penuh debu yang polutif.

Akhirulkalam, sukses Formula E. Selamat kepada warga Jakarta atas perhelatan internasional kemarin. Bravo Jakarta!!

About Redaksi Thayyibah

Redaktur