Breaking News

Donate

Oleh: Joko Intarto

Bencana alam bisa terjadi kapan saja. Apalagi di Indonesia yang masuk dalam kawasan ‘’ring of fire’’. Gunung berapi aktifnya banyak. Bisa menyemburkan lahar setiap saat. Indonesia juga dilintasi beberapa lempeng bumi yang bisa menjadi sumber gempa.

Mitigasi bencana menjadi agenda yang sangat penting. Mitigasi ini akan membuat seluruh warga negara siap menghadapi berbagai bencana. Salah satunya: Menyiapkan stok pangan untuk bantuan korban bencana di lokasi-lokasi pengungsian.

Inspirasi produksi temoe instan berasal dari program ketahanan pangan yang dikembangkan Lazismu, lembaga amil zakat Muhammadiyah. Sudah 3 tahun Lazismu mengembangkan rendang kaleng, produk bahan pangan yang bisa disimpan dalam jangka panjang.

Rendang kaleng yang diolah dari daging sapi kurban, misalnya, bisa disimpan hingga 2 tahun. Makanan siap saji dengan merk RendangMU itu terbukti sangat bermanfaat dalam berbagai program pertolongan korban bencana alam di seluruh Indonesia.

Apakah tempe bisa dirancang menjadi produk makanan berdaya simpan lama? Bisa. Tempe itu disimpan dalam kemasan plastik atau kaleng ketika masih berwujud setengah jadi dalam kondisi kering. Bila kemasannya dibuat kedap udara, tempe instan bisa disimpan berbulan-bulan.

Saat diperlukan, tempe instan bisa langsung diproduksi dengan mudah. Dalam waktu 48 jam, tempe instan akan menjadi ‘’fresh tempeh’’ dan siap dikonsumsi. Berdasarkan tiga kali percobaan, boleh dibilang tempe instan ini ‘’antigagal’’.

Dengan keunggulan tersebut, tempe instan berpeluang menjadi stok bahan pangan yang praktis dan aman untuk bantuan korban bencana alam. Harganya murah. Nutrisinya tinggi. Semua orang doyan. Fresh pula.

(Foto-foto adalah dokumentasi posko dan kegiatan di posko bantuan bencana. Dokumentasi JTO)

Saya beri merk DONATE untuk produk tempe instan yang dijadikan paket bantuan korban bencana ini. Donate tidak bisa dibeli masyarakat umum. Donate hanya diproduksi atas order lembaga-lembaga sosial untuk tujuan bantuan korban bencana.

Masyarakat yang ingin membantu bisa menyumbang melalui lembaga-lembaga tersebut Nantinya lembaga itu yang akan mendistribusikan tempe instan ke lokasi bencana di seluruh Indonesia melalui dapur umum.

Donate alias donasi tempe intan sepertinya nama yang bagus. Orisinil, mudah diucapkan dan mudah diingat. Ingat donate, ingat donasi tempe instan.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur