Breaking News
(Foto : Davy Byanca)

Tiga Musibah

Oleh: Davy Byanca

(Foto : Davy Byanca)

Pada dasarnya, ada tiga musibah setiap hari yang menimpa kita sebagai hamba-Nya.Tetapi sayang, sebagian besar kita tidak menyadari, bahkan tak mampu mengambil hikmahnya.

Musibah pertama:

Setiap hari jatah usia kita terus berkurang, Tetapi berkurangnya usia ini lepas dari perhatian kita.

Sementara itu, ketika harta yang berkurang. Perhatian kita sangatlah luar biasa, padahal harta yang hilang bisa diganti, sementra umur yang hilang tidak akan ada gantinya?

Musibah kedua:

Setiap hari kita hidup dengan rizki dari Allah swt. Sementara kita lalai dan lalai, bahwa setiap rizki yang ada kelak akan dihisab oleh-Nya.

Kelak kita akan ditanya, apabila rizki itu halal, sudahkah kita mensyukurinya. Dan apabila rizki itu haram, maka Allah swt akan mengazab kita.

Musibah ketiga:

Disadari atau tidak, setiap hari kita melangkah mendekati akhirat, sebagaimana juga kita terus melangkah menjauhi dunia.Tetapi perhatian kita terhadap akhirat yang kekal, tidak sebesar perhatian kita terhadap dunia yang fana.

Sementara kita tidak tahu, bagaimana akhir perjalanan kita kelak, apakah akan menjadi penghuni surga atau menjadi penghuni neraka.

Sebanyak apapun harta dunia terkumpul, atau sebanyak apapun penghargaan dan jabatan yang kita raih, semua tidak seindah kenikmatan sebagaimana dambaan Nabi Yusuf as, “Ya Tuhanku, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan kumpulkanlah aku bersama hamba-hamba-Mu yang sholeh.” (QS. Yusuf : 101).

About Redaksi Thayyibah

Redaktur