(Foto : Kompas)

Keutamaan Ngopi Bareng

Oleh: Gus Nur

(Foto : Kompas)

Ngopi bareng itu sangat penting. Karena duduk bersama itu bisa mencairkan masalah, merilekskan pikiran dan banyak ide-ide segar muncul. Bahkan peluang-peluang  penghasilan bisa terbuka juga.  Setidaknya doa-doa dalam tiap candaan musti ada. Tapi yang terakhir ini syaratnya harus kumpulan orang sholeh, atau ngopinya ngundang orang sholeh.

Saya teringat Idul Adha kemarin.  Hampir tiap tahun kumpul, nyembelihin kurban buat bagi-bagi.  Sebagian disate bareng-bareng yang tentu saja wajib ada kopinya. Banyak ketemu mantan preman yang hijrah. Ada temen yang bertahun-tahun gak ketemu tahu-tahu dia juga ikut ngaji, Alhamdulillah. Pas saya dateng dikenalin: “Nih, juragan kopi pesaingnya Asal Jaya (perusahaan kopi nasional)”.

Saya bilang, “belum lah, doakan tahun depan”. Dan tiba-tiba diamini sama jamaah.

Sekarang sudah tahun depan. Ternyata jalan mau nyaingin perusahaan kopi nasional sudah nampak. Ketemu horang kaya yang dah pensiun dan bosen maen-maen dengan pejabat. Maunya bantuin petani-petani da orang kecil. Dia ngajak bikin pabrik kopi sekalian. Woke lah, urusan kopi sapa takut?

Skrg lagi dikejar-keja bikin ini dan itu. Dia sendiri lagi bikin grand designnya. Pake jasa profesional yang sukses membesarkan beberapa perusahaan nasional.

Berangkatnya diawali ngopi bareng orang-orang sholeh tadi. Jadi jangan remehkan doa remeh dari kawan-kawan kita walopun sambil gurauan. Karena kalo pas ikhlas bener dan makbul, semuanya jadi mudah buat kita. Semudah kita seruput kopi, kalo habis tinggal 0rder lagi.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur