Breaking News
(Foto : Istimewa)

Sepakbola Tanpa Penonton

Oleh: Joko Intarto

(Foto : Istimewa)

Akhirnya Polri mengizinkan pertandingan sepakbola tanpa penonton. Izin diberikan Polri untuk penyelenggaraan pertandingan sepak bola pramusim 2021 memperebutkan Piala Menpora itu.

Bagaimana rasanya bermain sepak bola tanpa penontoh? Apakah bisa seru? Kalau pertandingannya offline tanpa disiarkan langsung, pasti tidak seru. Sepi di lapangan. Sepi di gadget. Tapi kalau pertandingan itu disiarkan langsung, pasti beda. Sepi di lapangan. Ramai di gadget.

Bisa nggak dibuat cara agar di lapangan bisa seramai di gadget? Bisa saja. Teknologi video conference yang dikombinasikan dengan teknik multimedia dan sound system akan memberi solusi.

Liga Denmark tahun 2020 yang lalu pun diselenggarakan tanpa penonton (fisik). Para penggemar liga menyaksikans secara virtual.

Virtual live concert (Foto : Istimewa)

Agar para pemain tetap semangat, memang harus ada kreativitas baru. Lapangan itu harus dipenuhi penonton virtual. Dari masing-masing klub yang bertanding. Gemuruh sorak dan tepuk tangan penonton bisa diciptakan dengan suara buatan. Ada suara khusus setiap klub yang bertanding.

Cara memproduksi tayangan sepakbola gaya baru ini kurang lebih sama dengan cara memproduksi virtual live concert. Sama-sama tanpa penonton.

Alhamdulillah. Jagaters sudah memproduksi virtual live concert sebanyak 4 kali. Antara konser musik dan pertandingan sepakbola tanpa penonton, secara teknologi, tidak ada bedanya. (jto)

About Redaksi Thayyibah

Redaktur