(Foto : Indragirione)

Alhamdulillah Bini’matihii Tatimmus Shoolihaat

Oleh: Gus Nur

(Foto : Indragirione)

Ungkapan rasa syukur itu macem-macem. Kalo lagi dapat nikmat pake: Alhamdulillah bini’matihii tatimmus shoolihaat (Alhamdulillah, dengan nikmat-Nya menjadi sempurnalah segala kebaikan).

Kalo pas lagi susah, sedih, ungkapan syukurnya pake “Alhamdulillah alaa kulli haal Ya Allah, walaupun saya lagi susah, lagi kere, lagi bokek, kebanjiran, jarang-jarang sarapan, sabun habis gak bisa beli, tapi Alhamdulillah iman saya masih Engkau jaga. Alhamdulillah sy masih bisa sholat, berdzikir, ikut ngaji, bisa dakwah. Jadi lagi-lagi Alhamdulillah Ya Allah, atas segala kondisi yang Engkau skenariokan pada saya.”

Hari ini sebenernya saya rencana share tentang “karomah wali”. Tapi berhubung semalam dapat nikmat, maka judul saya ganti diatas. Wa ammaa bini’mati robbika fahaddits, dan adapun nikmat Tuhanmu, maka ceritakanlah.

Bercerita nikmat itu sunnah. Tapi bukan nikmat kejadian di malam Jumat sehabis minum kopi lanang yang bikin semangat, itu urusan dewasa yang malah dilarang cerita. Nikmat-nikmat selain itu yang afdhol diceritakan, agar yang denger juga bisa ikut seneng dan mendoakan.

Naturalnya, mau dapet nikmat itu biasanya susah duluan. Habis subuh kemarin jadwal ngaji di rumah. Orang-sudah sudah datang, kopi gak mateng-mateng. Ternyata kehabisan gula dan dananya juga. lstri tak suruh pinjem mertua. Walhasil, ketahuan kalo lagi bokek. Apalagi roasting kopi sebelumnya terlalu gosong, gagal tak layak jual, karena ada kegiatan sehingga pekerja tak tinggal sendirian. Dia melamun, hasil akhirnya saya yang tertegun. Jadi Alhamdulillah-nya pake yang alaa kulli haal.

Kalo lagi ada rasa sedih, maka ingat nasihat Syaikh Ali Jum’ah, beliau bilang: “Diberi sedih itu bukan berarti Allah membencinya. Diberi senang juga bukan berarti Allah meridloinya. Karena betapa banyak orang jahat yang dapat kenikmatan dan orang-orang sholeh yang selalu dapat ujian au kamaa qoola”.

Dan nasihat beliau, kalo lagi sedih, susah, sempit rejeki, maka perbanyaklah baca QS Insyiroh (Alam nasyroh laka shodrok).

Karena ingat ya, saya baca saja, sambil main-main dengan Si Kecil, sambil ngapa-ngapain, sambil pulang dari musholla. Gak perlu harus duduk di sajadah. Dengan sambil mikir juga, gimana buka pintu rejeki?

Karena susah itu menjadikan motivasi cari yang bisa didealkan. Malem habis deal kecil, nyoba japri si embak pengusaha yang pernah jualin kopi saya. “Mbak, tak tawari 1000 bungkus kopi seharga sekian bla bla bla..”

“Ya udah Gus, sepakat saja besok tak transfer.”

Eh mudah amat, padahal saya belum jelasin profitnya detil teknisnya, macem-macdmnya. Tapi Alhamdulillah, bini’matihii tatimmus ahoolihaat,  semoga bisa buat ngecor jalan ke rumah. Biar ngaji lebih mudah. Juga buat ngelunasi hutang. Karena saya juga banyak hutang yang bikin gak enak banget.  Karena ada yang nagihnya ekstrim, “Ente ini dipanggil Pak Ustad, kok hobi nya hutang…”

Jleebb, wadooow mbaak, hutang itu bukan hobby, tapi paksaan situasi. Lagian saya kan bukan maling Bansos, atau tukang tilep dana disable.”

Tapi Alhamdulillah, lainnya yang saya hutangi punya karakter seperti Imam Abu Hanifah. Kalo berpapasan dengan orang yang dihutangi malah beliau yang sembunyi, khawatir dikira nagih dan bikin malu yang berhutang. Jadi buat orang-orang yang pernah menghutangi saya semoga mewarisi adab,  ilmu dan ketaqwaan Imam Abu Hanifah .

Rejeki itu dari Allah. Jangan meninggalkan kewajiban karena urusan pekerjaan. Jangan mengabaikan tugas dakwah karena urusan dunia. Minta saja kepada Allah pekerjaan yang makin mendekatkan kita kepada-Nya. Jangan mengejar jabatan tinggi yang justru bikin kita bermaksiat kepada-Nya.

Mending jualan kopi saja, nanti akan ketemu manisnya. Karena jualan kopi itu mudah. Tinggal pasang harganya saja, teknik lain insyaAllah nanti lah.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur