Breaking News
(Foto : Istimewa)

SEBENERNYA SAYA ITU PINTER, TAPI…

 Oleh: Gus Nur

(Foto : Istimewa)

Beberapa hari lalu saya butuh duit cash. Minta istri ambil di ATM. “Dik, tolong ambilin uang, sudah tak transfer ke rekeningmu. Belikan paket data sekalian, darurat soalnya”.

“Yes honey”, she says and then go on.

Beberapa saat kemudian kembali dan laporan. “Mas, saldo ATMnya kosong. Sebelahnya juga kosong. Jadi tak pinjami uang jatah arisan ini saja dulu. Tapi nanti kalo pas waktu bayar harus diganti. Saya keburu kajian, tuh sudah dijemput…” dan ia pun meluncur bersama temennya.

Saya ditinggal sendiri sambil merasa ada yang aneh. Tadi saya sudah transfer ke rekening istri, uang sudah dapat tapi kenapa nanti harus mengganti lagi ya?  Saya renungkan berulang-ulang sampek pikiran makin aneh. Apa karena madzhab akuntansi saya dengan istri berbeda yah?

Dan seringnya setiap akad yang terjadi dengan istri gak bisa direvisi. Maka disinilah saya merasa walopun sebenernya saya ini cerdas tapi sangat nggak berdaya.

Saya jadi keingetan berita viral, lelaki tamat SD yang bisa reparasi elektro, dia beli TV loakan rusak, diperbaiki, pake modal sendiri gak ada yang bantuin, sampek terkumpul 60 unit. Ternyata digerebek dan  dibakar aparat karena gak ada izin. Padahal dia gak nyuri, gak korupsi menafkahi anak istri. Dan entah gimana perasaan atas ketidakberdayaannya waktu itu. Padahal dia cerdas.

Kayaknya mending jadi gelandangan di Jakarta, ketemu bu Mensos bisa jadi karyawan BUMN.

Ada lagi orang kota bercerita. Dia gak ngapa-ngapain. Minta duit kagak, pinjem kagak. Ternyata ada tagihan hutang hampir sejuta. Katanya tunggakan BPJS 3cbulan. Padahal sakit juga enggak. Klaim obat juga gak pernah. Apalagi denger yang di atas ada yang korupsi. Dan dicsitulah dia jadi gak berdaya.

Dan di wakanda memang orang pinter semua gak berdaya. Pengen kritik di kriminalisasi. Kasih usulan dianggep bikin rame media. Orang Aceh mau inovasi, bikin bibit unggulan padi malah dibui.

Tapi ah udahlah. Yang penting harus tetep ngopi biar makin pinter dan bisa tambah daya. Karena syarat orang yang berdaya itu pinter duluan. Yang paling apes, pinter kagak berdayanya juga kagak. Malah susah.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur