Breaking News
(Foto : santrinews)

Dipanggil ‘Kyai’

Oleh: Gus Nur

(Foto : santrinews)

Saya itu termasuk orang banyak panggilannya. Ayah, om, pakdhe, mas dan hampir dipanggil mbah juga, karena kakak saya sudah punya cucu. Jadi terhitung saya dah punya cucu. Kalo temen atau orang lain sering manggil ‘gus’ atau ‘ustad’ karena memang sesekali ngajar alip ba’.

Kalo di medsos ada saja yang manggil kakak sambil nawarin produknya, ada juga yang manggil mbak “Mbak kopinya yang ready apaan?” Nih anak jengkelin banget, rambut saya emang panjang, tapi liat jenggotnya juga dong, kan juga panjang sangat. Tapi eniwey biarin lah. Seneng-seneng yang manggil saja. Karena bikin orang seneng itu ibadah.

Tapi yang paling gak nyaman itu kalo di panggil ‘kyai’ sangat nggak nyaman. Karena jadi kyai itu harus jaga muru’ah jaga wibawa. Harus pake kopyah terus, gak boleh nongkrong di warung, padahal hoby  saya ngopi di warung.

Dan kalo disuruh milih dipanggil kyai sama nongkrongin kopi, suwer saya lebih milih nongkrongin kopi. Apalagi akhir-akhir ini kalo ada ya g manggil ‘kyai’, bawaannya deg-degan beneran. Karena banyak kyai yang “dipanggil” duluan, gak peduli usia muda juga cepet menghadap-Nya. Jadi kalo ada yang manggil ‘kyai’ itu sama dengan bilang ke saya: “eh situ mau mati cepet loh…”

Tapi gpp lah. Setidaknya mengingatkan kematian itu adalah nasihat yang baik. Walaupun menakutkan.  Karena dalam Tanbihul Ghafilin, Syaikh Abu Hamid al-Laffaf berkata:

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ ذِكْرِ الْمَوْتِ أُكْرِمَ بِثَلاثَةِ أَشْيَاءَ؛

تَعْجِيلِ التَّوْبَةِ وَقَنَاعَةِ الْقُوتِ وَنَشَاطِ الْعِبَادَةِ

“Siapa yang sering mengingat mati, akan dimuliakan dengan 3 hal:  disegerakan taubatnya, dijadikan qana’ah (puas) dengan rizkinya dan dijadikan semangat beribadah.”

وَمَنْ نَسِيَ الْمَوْتَ عُوقِبَ بِثَلَاثَةِ أَشْيَاءَ؛

تَسْوِيفِ التَّوْبَةِ وَتَرْكِ الرِّضَا بِالْكَفَافِ وَالتَّكَاسُلِ فِي الْعِبَادَةِ.

“Dan siapa yang lupa dengan kematian akan dihukum dengan 3 hal: diulur taubatnya, dijadikan tidak puas dengan rizkinya dan dijadikan malas beribadah.”

Ngeri banget kalo lalai gak inget mati. Tapi jangan sampek kita ngingetin mati pada orang yang lagi sakit di RS. “Bang, situ mau mati nih…” Wah jangaan… bisa-bisa dia kehilangan harapan hidup, ngedrop lalu makin parah n mati beneran.

Sambil berharap saja, moga-moga kita termasuk orang-orang yang cerdas, yang hidup ini dipersiapkan sebagai bekal setelah mati.

 

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur