Breaking News
(Foto : Steemit)

NGOPI ITU JANGAN TERGESA-GESA. HARUS SABAR DAN DINIKMATI

Oleh: Gus Nur

(Foto : Steemit)

Begitu juga banyak hal dalam hidup ini jangan tergesa-gesa. Harus dipikir dulu bener-bener baru eksyen.

Pas ngopi di warung, ada orang yang habis disuguhkan langsung dituang ke lepek. Si penjual nanya, “Mas, gak biasa ngopi ya?”

“Loh kok tau?”

“Tukang ngopi itu biasanya sabar, mas. Ditunggu dulu sebentar sampek ampasnya mengendap, baru dituang. Berarti sampeyan ini tiap harinya juga nggak sabaran…”

Nah, itu kalo contohnya orang-orang yang doyan kopi, karena biasanya orang yang doyan kopi itu sabar-sabar. Banyak sih, contoh orang yang gak sabaran. Diantaranya orang yang mengharapkan hasil dengan segera. Doa masih sekali dua pengen segera dikabulkan. Kerja masih gak seberapa pengen segera kaya. Ngaji masih 3x pertemuan hilang semangat karena merasa gak ngerti-ngerti

Tapi ya, itulah manusia. Wataknya memang gak sabaran.

وَكَانَ الإنْسَانُ عَجُولا

“Dan manusia itu bersifat tergesa-gesa”.

Tapi ada orang yang gak sabarannya itu selevel dengan setan. Parah bener. Itu ketika ada orang yang bekerja, dia yang marah-marah karena orang tadi belum sukses. Bahkan marahnya juga pake dalil. Wow..!

Ada jamaah yang mendakwahkan Khilafah sudah 50 tahun lebih gak kelihatan hasilnya, dia marah-marah. “Ah, bodoh amat, dakwah 50 tahun lebih gak sukses-sukses. Nabi saja 12 tahun berhasil…” Wah, ini ajaib. Marahnya pake menukil sejarah Nabi.

Tapi kalo dipikir-pikir, dia sendiri yang bodoh. Lah Nabi itu siapa? Kok dibandingin sama orang-orang akhir zaman. Syukur-syukur ada yang berdakwah menyampaikan salah satu syariat Islam. Kalo situ terburu-buru ikut saja sekalian. Kalo situ bener-bener lelaki. Kalo cowok bergincu sih, jaoh-jaoh lah sana, tobat dulu. Lagian sesuatu yang mansush ber riwayat, kagak usah dikomenin aneh-aneh. Diem-diem bae bakalan selamat.

Khilafah itu bagian dari syariat, kalo gak cocok diem saja. Kalo cocok boleh cerita, wah saya yang ini nih cocok.

Nah salah satu hujjahnya saya kutipkan An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim:

… وأجمعوا على أنه يجب على المسلمين نصب خليفة ووجوبه بالشرع لا بالعقل . (شرح النووي على مسلم – ج 6 / ص 291)

“Semua sepakat wajib bagi kaum muslimin mengangkat khalifah. Wajibnya secara syar’i, tidak hanya secara aqli.”

 Itu belum dari Al-Qurthubi dll. Jadi sabar dulu. Ngaji itu memang harus tenang gak usah emosian biar ilmunya bisa masuk.  Mau komen juga dipikir-pikir dulu lah.

Makanya untuk melatih kesabaran harus senantiasa bersanding kopi, biar betah belajar tahan kantuk juga.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur