Breaking News
(Foto : Alodokter)

APA YANG ISTIMEWA DARI KOPI?

Oleh: Gus Nur

(Foto : Alodokter)

Kalo dicari satu persatu akan sangat banyak sekali. Bisa digoogling manfaat kopi bagi kesehatan. Termasuk wasilah mencegah covid juga, katanya.

Tapi bagi saya, karena minuman kopi itu yang paling dekat dengan khazanah keilmuan Islam dan ada beberapa kitab ditulis para ulama yang khusus menjelaskan tentang kopi. Apalagi dalam kitab tersebut  ada beberapa hal yang dinisbatkan kepada Kanjeng Nabi Muhammad saw, termasuk doa.

Bukan hanya kopi sebenarnya, bagi saya semua yang dinisbatkan pada Rasulullah saw pasti saya perhatikan dan saya cari detailnya, sampai posisi duduk ketika makan, warna yang disukai dan lain-lain.  untuk lalu diikuti.

Nah, disebutkan dalam Al-Fawaidul Ilahiyyah al-Waridah an Khoiril Bariyyah bahwa ada seorang ulama dari daerah Maghrib yang sering bermimpi berjumpa Rasulullah, lalu bertanya, “Ya Rasulallah, aku ini penikmat berat minum kopi. Doa apa yg harus aku baca? Rasulullah menjawab:

اَلَّلهُمَّ اجْعَلْهَا نُوْراً لِبَصَرِيْ، وَعَافِيَةً لِبَدَنِي، وَشِفَاءً لِقَلْبِي، وَدَوَاءً لِكُلّ دَاءٍ، يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ

“Ya Allah jadikanlah kopi ini, sebagai cahaya bagi mata kami, dan jadikanlah kesehatan untuk badan kami, Dan jadikanlah penyembuh untuk penyakit hati kami, dan jadikanlah sebagai obat untuk semua penyakit. Wahai Dzat Yang Maha Kuat. Setelah membaca doa itu hendaknya membaca Bismillah dan minum kopi tersebut.”

Mungkin ada yang bilang, “Ah, mimpi ini tidak layak dipercaya!” Percaya atau tidak itu terserah. Urusan pribadi saja. Tapi bagi saya ketika yang menyampaikan itu seorang ulama apalagi ada dalam kitab-kitab  dan tidak bertentangan dengan syariat, maka layak saya perhatikan, karena musti mbarokahi.

Berbagai kitab tentang kopi, diantaranya: Risalah Shofwah as-Shofwah fi Bayaani Hukm al-Qahwah, As-Syaikh Abdul Qadir, Inaas as-Shofwah, al-Habib Abdurrahman bin Muhammad al-’Aydarus, Irsyaadul Ikhwan, Syaikh Muhammad Ihsan Jampes.

Gus, saya gak suka kopi. Gimana dong? Ya belajar dong, karena filosofinya kopi tadi minuman yang paling dekat pada syariat. Atau kalau lagi kehabisan, ya gpp juga lah. Karena agama menganjurkan kemudahan, gak perlu menyulitkan diri. Yang penting doanya tadi dicopy paste buat minum minuman yang lain juga. Karena doa-doa yang diajarkan Nabi lewat mimpinya orang sholeh itu istimewa banget.

About Redaksi Thayyibah

Redaksi Thayyibah
Redaktur