Breaking News
(Foto : Otten Coffe)

MASUK SURGA SENDIRIAN GAK ENAK

Oleh: Gus Nur

(Foto : Otten Coffe)

Kalo ada tamu biasanya kopi yang saya suguhkan Robusta yang baru diseduh, karena pahitnya robusta paling cepat larut dalam air panas dan paling cepat bisa segera dinikmati.

Tapi kopi favorit saya sendiri itu Excelsa yang diseduh sore dan diminum esok paginya. Karena citarasa kopinya makin wow banget. Sebab biji kopi itu bagaimanapun merupakan buah yang kaya rasa. Semakin lama kopi diseduh, maka setiap bit kenikmatan kopi itu akan terekstraksi dan meresap kedalam airnya.

Ketika menikmati excelsa di pagi hari, seringkali ada penyesalan, “sepi banget, gak ada lawan tanding”, karena sempurnanya kenikmatan kopi itu nggak bisa diungkapkan kata atau dituliskan dengan kalimat yang indah, tapi hanya bisa dinikmati lidah dan diresapi kedalam hati. Kurang afdhol kalo dinikmati sendiri.

Seperti dulu petuah kyai saya, “Masuk surga itu gak enak kalo sendirian”. Karena manusia itu makhluk bersosial. Sampe dicsorga pun kalo ketemu orang juga doyan nanya-nanya, “Maa salakakum fi saqor?” (eh ngapain sih kamu kecemplung neraka saqor) bla… bla… bla

Maka itu pula disebutkan dlm hadits, “Tolonglah saudaramu baik yang dzolim maupun di dzolimi.”

Ya, Rasul, kalo menolong yang didzolimi kami ngerti. Lah, kalo menolong yang dzolim gimana? Masak nolongin dia berbuat dzolim? “Tolonglah dia dengan mencegah dari berbuat dzolim…”

Kemarin kasusnya pas banget. Ada orang ngeshare judul berita, Felix Siaw: “Gak bisa baca Alquran gak masalah, karena gak penting”.

Rame komen di medsos yang dibilang Kadrun lah, bahlul lah halah… Dan yang ngeshare yang ngomenin juga orang yang terkadang ngeshare kajian Kitab Hikam. Di suatu sisi ngeshare ngaji masalah hati, disisi lain maki-maki orang lain yang jauh banget dari kajiannya. hadeeh..!

Jadinya saya nanya ke Felix, “Eh bro Felix, beneran ente komen kayak gitu?”

“Ya, kagak lah”

“Bikin komentar donk gak pernah bilang gituan.”

“Biarin saja, kan ngurangin dosa saya dikit-dikit.”

Beugh, saya ngerasa kepukul. Iya situ yang enak dosanya berkurang terus, lah yan g liat suatu kemungkaran, liat ente dimaki-maki, dighibah karena sebuah fitnah, sayanya yang jadi susah.

Diem dosa, ngelurusin malah makin rame makin panas.

Jadi buat yang ngeshare berita itu, atau meng-ghibah Fellix, maka berhentilah. Kalo bisa tabayun sebelum komen. Karena tipikal Fellix Siaw itu jangankan mau nulis yang kontroversial kayak gitu, mbahas poligami saja dia entah berani entah kagak, paling-paling yang dibahas seputaran Khilafah doang.

Yang jelas saya cuma pengen jaga-jaga saja kalo nanti di akhirat ditanya: “Kamu ngapain sodaranya di ghibah di medsos diem saja?”

“Ya Allah, saya nggak diem, sudah saya kasih iklan biar mereka yang diem. Karena orang mengghibah kalo dinasihati langsungan kayak api disiram bensin. Jadi bisa saya ngiklan ya ini saja Ya Allah yang jadi alasan saya…”

Ya udah, gitu saja beres. Saya sudah mempersiapkan alasan.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur