Breaking News
(Foto : TDA Bandung)

MENCARI SOLUSI MENAMBAH MASALAH

Oleh: Gus Nur

 

(Foto : TDA Bandung)

Beberapa waktu lalu ada temen curhat. Gus, bantuin dong. Ayah saya lagi kena masalah nih. Dia dulu memang gini-gini. Saya sering nasihatin, bahkan kemarin tak marahin juga. Tapi bandel jadi kena masalah. Minta solusinya dong

 

Wah nih orang kok ya pas banget. Pas saya sendiri lagi butuh solusi malah diminta. Nanti kalo kehabisan kan saya bisa susah. Tapi okelah, ada beberapa hal yang perlu sy soroti:

Pertama. Jangan cerita aib kita pada orang lain. Apalagi aib ortu, suami, sodara kita. Jangan cerita pada siapapun. Kecuali pada orang-orang yang bener-bener bisa menyelesaikan masalah, seperti hakim, pengacara, kepala suku, atau kiyai. Kalo cuma ustad medsos, mending pake bahasa yang samar. Misal “Ustad, temennya temen saya lagi kena gini-gini. Tolong dicarikan solusi…” Kalo kita cerita, maka ada dua dosa. Dosa ghibah dan dosa membuka aib.

Kedua. Jangan cari solusi dengan menambah masalah baru. Misal, ada suami yang hobinya kalo ganti baju bikin berantakan almari. Si istri ngomel-ngomel dan marahin suami. This is very very very stupid wife. Karena berantakin baju andaipun dosa kecil kalo sabar dan dimaafin potensi pahalanya besar. Tapi ngomel dan marahin suami itu dosa besar. Dosa menyebabkan masalah rumah tangga lebih banyak. Jadi bahagialah keluarga yang cuek dengan hal-hal berantakan di rumah, setidaknya potensi pahala pasti ada. Sama kasusnya dengzn nyari solusi dengan mengungkap aib. It is tidak layak.

Ketiga. Dosa paling besar itu musyrik dan menyuruh orang ikut musyrik. Tapi andaipun ada orang tua yang begitu, kewajiban anak tetap berkata baik dan lembut. Quran says: wa laa taqul lahumaa uffin (jangan menghardik mereka berdua) wa qul lahumaa qoulan kariimaa (dan pada mereka berdua ucapkan perkataan yang mulia). Bagaimanapun kondisi orang tua, si anak tetap wajib birrul walidain (berbakti).

Empat. Solusi Qurani itu Taqwa. Siapa yang bertaqwa, maka Allah akan kasih solusi. Birrul walidain adalah wujud taqwa kita. Andaipun kita nggak bisa ngasih solusi pada ortu, cukup kita berbuat baik pada mereka maka Allah-lah yang akan kirim solusi. Baik kita ngerti atau enggak.

 

About Redaksi Thayyibah

Redaktur