Breaking News
Sketsa Fatimah Al Fihri (Foto : Istimewa)

Fatimah Al Fihri dan Toga

Oleh : Nila Primasari

Sketsa Fatimah Al Fihri (Foto : Istimewa)

Siapakah yang mendesain baju dan topi toga yang selalu digunakan pada saat wisuda? Mengapa topi toga berbentuk kotak? Diambil dari bentuk apakah topi tersebut? Inilah jawabannya:

Yang mendisain baju dan topi tersebut adalah Fatimah Al Fihri. Kenapa topi berbentuk kotak? Karena Fatimah ingin siapa pun yang menggunakan topi tersebut sewaktu diwisuda, pikirannya selalu ingat akan Baitullah atau Ka’bah yang berbentuk kotak dan berwarna hitam. Ya, bentuk Ka’bah yang kotak itulah yang mengilhami Fatimah ketika mendisain topi toga yang hingga kini masih dipergunakan para wisudawan/wati.

Toga (Foto : Kompasina)

Tapi, siapakah Fatimah Al Fihri tersebut? Fatimah adalah muslimah yang mendirikan universitas pertama di dunia, Universitas Qawariyyin, di Fez, Maroko. Hal ini tetcantum dalam buku Guinness Wolrd Records 1989, bahwa Universitas tersebut tercatat sebagai universitas pertama dan tertua di dunia.

Universitas yang berawal dari bangunan masjid tersebut dibangun selama 2 thn (859 – 861 M). Menurut sebuah riwayat, selama pembangunan berlangsung, Fatimah selalu menjalankan ibadah puasa.

Ilmuwan-ilmuwan dunia yang merupakan alumni universitas tersebut, di antaranya Ibnu ‘Arabi, Ibnu Bajjah, Ibnu Khaldun, Abdullah Al Ghumari, dan lainnya. Bahkan seorang mahasiswa non muslim bernama Gerber dari Auvergne yang kelak menjadi Paus Silvester II di Vatikan, pernah menjadi mahasiswa di universitas tersebut

Itulah sekelumit riwayat tokoh besar yang selama ini terlupakan: Fatimah Al Fihri yang lahir di Qairrawwan, Tunisia, pd 800 M dan meninggal pada 880 M di Fez, Maroko.

About Redaksi Thayyibah

Redaktur