Breaking News
(Foto : Istimewa)

Karena Persaudaraan Muslim

 

(Foto : Istimewa)

Pada tahun 1953, Ir. Soekarno pernah datang berkunjung ke Barabai, Kalimantan Selatan dalam sebuah kunjungan kenegaraan.

Masyarakat di sana sepakat menunjuk Habib Alwi bin Abdullah Al-Habsyi, seorang ulama terkemuka yang disepuhkan di sana untuk mewakili mereka menyambut Sang Proklamator Indonesia tersebut.

Pada pertemuan itu, terjadi percakapan yang mengesankan bagi Soekarno khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Presiden bertanya, “Siapa nama Tuan?” “Habib Alwi Al-Habsyi.” Jawab Habib Alwi. Presiden bertanya lagi, “Habib berasal dari Arab kah?” Habib menjawab, “Iya, saya lahir di Hadramaut, Yaman.”

Lebih lanjut Presiden bertanya, “Mengapa orang Arab seperti Habib membantu perjuangan rakyat Indonesia?”

Dijawab oleh Habib, “Karena saya seorang Muslim, dan rakyat Indonesia juga orang Muslim, jadi saya membantu. Inilah persaudaraan sesama orang Islam.”

Mendengar jawaban Habib Alwi tersebut Presiden Soekarno merasa terpukau. Ternyata rakyat Indonesia tidak berdiri sendiri dalam berjuang, masih banyak orang-orang Islam yang teguh memegang ajaran Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam dalam memahami konsep persaudaraan Islam secara global, seperti Habib Alwi bin Abdullah Al-Habsyi ini.

Presiden lalu mengundang Habib Alwi untuk datang ke Istana Negara di Jakarta. Namun beliau wafat dulu sebelum sempat memenuhi undangan Presiden. Habib Alwi wafat tahun 1967 dan dimakamkan di Barabai, Kalimantan Selatan.

Pesannya, jangan lupakan peran para ulama dan habaib dalam kontribusi mereka ikut membela perjuangan bangsa ini. Tidak ada yang membenci golongan para habaib, terkecuali hanya kelompok atheis dan pendukungnya. Wallahu ‘alam.

(Judul oleh redaksi, sumber tulisan Habib Muhammad bin Husien al-Habsyi yang diambil dari WAG)

About Redaksi Thayyibah

Redaksi Thayyibah
Redaktur