Breaking News

Harta yang Barokah

 

thayyibah.com :: Secara ilmu bahasa, “Al Barokah” artinya: “Berkembang, bertambah dan kebahagiaan.” (Lisanul Arab oleh Ibnu Manzhur 10/395)

Imam Nawawi berkata: “Asal makna keberkahan ialah kebaikan yang banyak dan abadi.”(Syarah Shohih Muslim oleh Imam Nawawi 1/225)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan gambaran nyata tentang arti keberkahan dalam harta, sebagaimana dijelaskan pada hadits berikut: “Akan diperintahkan (oleh Allah) kepada bumi: Tumbuhkanlah buah-buahanmu, dan kembalikan keberkahanmu, maka pada masa itu, sekelompok orang akan merasa cukup (menjadi kenyang) dengan memakan satu buah delima, dan mereka dapat berteduh dibawah kulitnya. Dan air susu diberkahi, sampai-sampai sekali peras seekor onta dapat mencukupi banyak orang, dan sekali peras susu seekor sapi dapat mencukupi manusia  satu kabilah, dan sekali peras, susu seekor domba dapat mencukupi satu cabang kabilah.” (HR. Muslim)

Demikianlah ketika rizqi diberkahi Allah, sehingga rizqi yang sedikit jumlahnya, akan tetapi kemanfaatannya sangat banyak, sampai-sampai satu buah delima dapat mengenyangkan segerombol orang, dan susu hasil perasan seekor sapi dapat mencukupi kebutuhan orang satu kabilah.

Ibnu Qayyim berkata: “Tidaklah kelapangan rizqi dan amalan diukur dengan jumlahnya yang banyak, tidaklah panjang umur dilihat dari bulan dan tahunnya yang berjumlah banyak. Akan tetapi kelapangan rizqi dan umur diukur dengan keberkahannya.”(Al Jawabul Kafi karya Ibnu Qayyim 56)

Sumber artikel: arifinbadri.com (kiat menjadikan harta berkah)

 

 

About A Halia