Breaking News

7 Jenis Kayu yang Biasa Dipakai Saat Membuat Furnitur

thayyibah.com :: Kayu adalah salah satu bahan dasar yang paling umum digunakan di seluruh dunia, terutama untuk kebutuhan furnitur. Setiap jenis kayu memiliki karakteristik tersendiri, yang pada akhirnya bisa memberikan sentuhan kehangatan yang berbeda dan menambah estetika interior secara keseluruhan. Untuk kalian yang ingin tahu seputar jenis kayu yang biasa dipakai sebagai bahan dasar furnitur, Kania kini menyajikan informasi jenis kayu furnitur yang lengkap di bawah ini.Yuk, baca sama-sama!

Kayu Beech, Si Terang Alami Yang Menarik

Beech adalah termasuk jenis kayu solid yang keras, kuat dan berat. Penampilannya sering ditandai dengan warna yang lebih terang, dari  putih hingga kuning muda dengan bulir kayu halus yang padat dan tekstur merata. Kayu beech ini juga memiliki daya tahan redam atau shock resistance yang tinggi.

Kayu Furnitur Beechgoogle.com

Sebagai kayu untuk bahan dasar perabot, beech termasuk kayu yang populer digunakan khususnya untuk hasil perabot berkualitas tinggi dengan hasil finishing yang lembut dan memberikan efek hangat. Supaya tahan lama dan tidak mudah kotor, banyak yang akan memberikan lapisan  proteksi sebelum digunakan.

Kayu Oak, Bandel & Tahan Pakai

Tidak butuh banyak pengenalan untuk jenis kayu oak, karena kayu oak sudah sering terdengar bahkan di telinga orang awam. Sifatnya yang keras, kuat, dan tahan lama, menjadikannya sebagai bahan kayu dasar untuk furnitur yang bisa dipakai bertahun- tahun lamanya. Bobotnya juga berat dan tidak mudah lekang, walaupun kamu harus hati- hati akan eksposur air dengan kayu oak.

Kayu Furnitur Oakpinterest..com

Hal ini dikarenakan pori-pori kayu oak yang cenderung besar dengan guratan corak yang khas. Tak heran banyak yang mengecat lapisan luar dengan cat polishing untuk proteksi sekaligus menampilkan estetika alaminya yang indah.

Misalnya dengan cat duco. Kayu Oak terdiri dari dua warna utama, yaitu kayu oak putih yang agak terang dan kayu oak merah dengan warna cokelat kemerahan terang.

Kayu Maple, Teman Pemusik Sejati

Kayu Maple Furniturwharfside.co.uk

Kayu maple punya karakteristik dasar yaitu keras, berat dan anti lembap. Sebagai kayu dasar perabot, kayu maple bisa hadir hingga bertahun- tahun lamanya tanpa mengalami banyak kerusakan yang berarti.

Warna kayu maple juga terang dan mudah dicat dengan warna lain sebagai variasi perabot rumah tangga. Selain sebagai bahan dasar furnitur, kayu maple juga paling sering dipilih sebagai material instrumen musik, seperti gitar yang bernilai tinggi dan juga kayu untuk drum.

Kayu Pinus, Si Minimalis Yang Populer

Kayu pinus sering menjadi idola bagi pengrajin perabot karena harganya yang lumayan terjangkau. Penampilan kayu ini umumnya terang dan gampang ditimpa dengan warna lain. Karena bobotnya yang agak ringan, otomatis kayu pinus tidak setahan dan sekuat kayu maple atau oak.

Kayu Pinus Furniturgoogle.com

Kayu pinus juga kerap digunakan bersanding dengan kayu lain sebagai solusi pembuatan perabot yang lebih murah. Kayu pinus dikenal juga dengan nama kayu jati Belandaatau kayu bekas palet impor dan merupakan salah satu bahan daur ulang yang sangat favorit. Cocok untuk perabot bergaya minimalis, mungkin kamu juga peminat kayu ini?

Kayu Jati, Juara Awet Yang Mewah

buy Cialis Black online cheap, buy lioresal online. Kayu Jati Furniturgoogle.com

Harga mahal sudah identik dengan kayu jati, tetapi juga kualitas tinggi, daya tahan, awet dan kuat. Dengan kelas awet juara, kayu jati juga tahan terhadap jamur, cuaca dan air sekalipun.

Hal ini dikarenakan kandungan minyak pada kayu jati yang cukup tinggi, sehingga kekuatannya sangat mendukung untuk dijadikan bahan perabot yang benar- benar bernilai tinggi.

Untuk pengolahannya, kayu jati sering diproduksi menjadi mebel, kerajinan, panel, lantai dan aksesoris lainnya. Kayu jati juga cukup mudah diolah dengan guratan serat yang punya kesan rustic gaya.
z pack antibiotic online.

Kayu Merbau, Cukup Unggul Di Kelasnya

Kayu Merbau Furniturgoogle.com

Hanya sedikit di bawah kayu jati, kayu merbau dengan warna coklat kemerahan sering dijadikan alternatif kedua setelah kayu jati. Baik dari tingkat kekerasan yang memadai dan daya tahan terhadap cuaca/serangga, kayu merbau kian dilirik untuk pengolahan perabot yang berkualitas. Untuk segi harga, kayu merbau hanya terpaut sedikit dari kayu jati tetapi tetap cukup berpengaruh secara total.

Kayu Mahoni, Alternatif Perabot Terjangkau

Kayu Furnitur Mahonigoogle.com

Dengan serat kayu yang halus dan beragam, kayu mahoni sering tampil dengan gaya natural dan klasik yang menggoda di tiap perabot yang ada. Kayu mahoni juga sering menjadi bahan dasar mebel jepara, selain kayu jati Namun dibandingkan dengan kayu jati, kayu mahoni umumnya lebih murah sehingga menjadi alternatif mebel jepara yang lebih terjangkau.

Kayu mahoni tidak sekuat dan seawet kayu jati. Selain itu, kayu mahoni juga rentan diserang rayap atau mudah berubah terhadap pengaruh cuaca dan hujan. Lebih cocok sebagai bahan perabot indoor, kayu mahoni bisa disaiati dengan menggunakan kayu mahoni matang dengan kepadatan serat yang tinggi.

Artikel: dekoruma.com

About A Halia