Breaking News

Inilah 6 Janji Allah Untuk Orang Yang Suka Bersedekah

sedekah

thayyibah.com :: Bersedekah merupakan anjuran dalam islam yang di mana prakteknya adalah dengan memberikan materi maupun jasa untuk meringankan ataupun membahagiakan orang lain . Sedekah tidak selalu berbentukmateri seperti uang ataupun benda . Namun dalam islam , perbuatan seperti tersenyum pun akan ditulis sebagai sebuah sedekah .

Terdapat janji Allah kepada orang yang rajin bersedekah . Selain membantu sesama ataupun membahagiakannya , bersedekah juga akan berlangsung di balas oleh Allah baik itu di dunia maupun nanti di akhirat . Janji Allah tersebut tertulis jelas baik dalam Al Qur’an maupun hadits Rasulullah SAW . Inilah beberapa keutamaan yang Allah janjikan tersebut .

“1_ Sedekah Jadi Penghapus Dosa ”

Bagi orang yang rajin bersedekah , maka Allah berjanji untuk menghapus dosa _ dosanya . Keutamaan tersebut terdapat dalm hadits Rasulullah SAW yang berbunyi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api “( HR. Tirmidzi )

Namun sedekah yang menghapus dosa adalah sedekah yang disertai dengan taubat nasuha dan tidak lagi mengulangi dosanya tersebut . Sangat tidak mungkin sekali orang yang korupsi , mencuri ataupun memakan riba kemudian bersedekah dengan harapan dosanya dapat impas oleh sedekahnya tersebut namun tidak disertai dengan penyesalan akan dosanya . Dengan kata lain , sedekah yang menghapus dosa adalah sedekah yang dilanjutkan dengan bertaubat dan memohan ampun kepada Allah SWT .

“2_ Naungan Di Hari Akhir ”

Selain mendapatkan ampunan yang besar dari Allaj SWT , seseorang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti . Dalam sebuah hadits dinyatakan terdapat 7 orang yang akan yang akan mendapatkan naungan dari Allah dimana pada saat tersebut tidak ada lagi naungan selain naunganNya.

Dan diantara 7 golongan tersebut adalah , Orang yang suka bersedekah .

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya akan menyembunyikan amalnya itu sampai _ sampai tangan kirinya itu tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya “( HR . Bukhari ) .

“3_ Pahala Yang Berlipat _ lipat ”

Bagi yang ingin mendapatkan rezeki yang berlipat ganda , maka bersedekahlah . Ini karena Allah aka melipatgandakan rezeki bagi mereka yang suka bersedekah . Pernyataan tersebut selaras dengan firman Allah SWT .

“Sesungguhnya orang _ orang yang membenarkan ( Allah dan RasulNya ) baik laki _ laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik , niscaya akan dilipatgandakan ( ganjarannya ) kepada mereka.dan bagi mereka pahala yang banyak “( QS . Al Hadid 18)

“Adanya Pintu Surga Khusus Untuk Mereka Yang Gemar Sedekah”

Sebuah hadits menyatakan “Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah , maka ia.akan dipanggil oleh salah satu pintu surga : ” Wahai hamba Allah , kemarilah untuk menuju kenikmatan ” Jika ia berasal dari golongan orang orang yang suka mendirikan shalat , ia dipanggil dari pintu shalat . Yang berasal dari kalangan Mujahid , maka akan dipanggil dari pintu jihad , jika ia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah maka akan dipanggil dari pintu sedekah “( HR . Bukhari dan Muslim )

“5_ Terbebas dari Siksa Kubur ”

Di akhirat nanti selain bisa masuk lewat pintu khusus menuju surga , seseorang yang bersedekah akan terbebas dari siksa kubur yang menyedihkan .

Rasulullah SAW bersabda : “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur “( HR Ath Thabrani )

“6_ Dijauhkan Dari Api Neraka ”

Janji Allah yang terakhir bagi mereka yang gemar bersedekah adalah dijauhkan dari siksa api neraka yang menyala _ nyala . Meskipun harta yang disedekahkan hanya sedikit , namun jika dilakukan dengan penuh keikhlasan maka sedekah yang kecil tersebut akan berdampak besar dari dijauhkannya siksa api neraka pada diri kita .

Semakin banyak harta yang disedekahkan , maka semakin besar pula jauhnya api neraka untuk membakar jiwa kita . Rasulullah SAW pun bersabda “Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma , jika kamu tidak punya , maka bisa dengan kalimat Thayyibah “( HR . Bukhari dan muslim )

Itulah janji Allah kepada hambaNya yang gemar bersedekah dengan ikhlas dan tidak mengumbar kebaikannya tersebut . Jika sedekah hanya untuk memperoleh simpati orang , maka.hilanglah janji yang telah Allah berikan pada hamba-Nya itu .

Oleh karena itu lakukanlah sedekah baik disaat lapang maupun sempit agar apa yang telah Allah janjikan bisa terealisasi baik di dunia maupun di akhirat nanti .

Sumber: Loveislam.id

About A Halia