11 Hal yang Bikin Karier Makin Bersinar

Tips Tetap Profesional dalam Karier di Kantor Sambil Berbisnis
Ingin menjalankan bisnis sampingan namun tetap menjalankan karier di kantor? Ini tipsnya.

 

thayyibah.com :: Salah satu hal penting untuk bisa meraih karir yang sukses di dunia kerja adalah membuat diri Anda menjadi seorang pekerja yang bersinar.

Bersinar dapat diartikan, Anda menjadi pekerja berprestasi yang bertanggung jawab, disenangi rekan kerja dan dipercaya pimpinan di kantor.

Upaya menggapai hal tersebut, apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya membuat karir Anda makin bersinar?
Mengutip laman Budbilanich, Senin (1/5/2017), berikut 11 kiat yang bisa Anda lakukan untuk membuat karir sukses dan makin bersinar, berikut ulasannya:

1. Buatlah setiap waktu bermanfaat bagi Anda. Jangan pedulikan kegagalan yang pernah terjadi, jadikan itu pelajaran berharga.

Fokus saja ke tujuan yang ingin dicapai, bukan menyesali yang pernah terjadi di masa lalu.

2.  Bersikap bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi. Ingat, apapun kondisi yang sedang Anda alami, perasaan marah, sedih, merasa tidak enak hati dengan orang lain, Andalah yang bisa mengontrolnya.

Memang tidak salah ketika Anda sedang emosional, tapi ingat jangan sampai perasaan tersebut mengganggu kinerja

3. Buat perubahan ke arah yang lebih baik. Ikuti perkembangan dalam hal apa pun, jangan sampai Anda ketinggalan zaman. Kebanyakan orang sukses melihat perubahan sebagai peluang untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi.

4. Anda tidak bisa mengendalikan perasaan orang lain terhadap Anda. Tapi setidaknya cobalah untuk selalu bersikap menyenangkan bagi orang lain. Dengan begitu Anda sudah selangkah lebih maju.

5. Bersedia mengambil risiko dengan baik. Keluar dari zona nyaman Anda. Tapi ingat, jika ingin mengambil langkah, tetap perlu dipikirkan dengan baik.

6. Fokus pada apa yang Anda hadapi, jangan hanya menerima dan tidak melakukan apa-apa.

Tetap miliki orientasi pada masa depan. Jangan meratapi masa lalu, karena tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya, kecuali belajar dari pengalaman.

7. Belajarlah dari kesalahan. Jangan sampai membuat kesalahan yang sama hingga tiga kali.

Jadikan kesalahan pertama dan kedua sebagai pengalaman belajar, dengan belajar dari kesalahan, maka membuat Anda berpikir untuk tidak mengulanginya.

8. Berbahagia dengan kesuksesan yang didapat orang lain. Hal ini berlaku bahkan jika Anda bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi.

Lihat apa yang bisa Anda pelajari dari kesuksesan orang lain tersebut. Hindari rasa marah atau iri hati. Karena hal ini membuktikan Anda sebagai pribadi yang profesional dan menghargai orang lain.

9. Gigih untuk terus mencoba. Sukses adalah proses. Jika gagal, ingat kutipan penemu lampu Thomas Alfa Edison yang mengatakan “Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara baru untuk sukses”

10. Luangkan waktu untuk diri Anda setiap hari. Renungkan apa yang sudah Anda lakukan. Tinjau ulang kejadian hari ini dan kemajuan apa yang sudah dilakukan untuk meraih kesuksesan.

Apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil dilakukan. Pikirkan juga apa yang perlu Anda lakukan besok dan hari-hari yang akan datang.

11. Jangan lupa untuk selalu memberi, baik materi maupun ilmu. Lakukan sesuatu untuk orang lain tanpa mengharapkan mereka membalasnya.

Dengan begitu yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan balasan yang baik. Hal-hal tak terduga maka akan Anda terima dengan cara yang tidak terduga pula.
Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri. Tidak masalah berapa kali Anda gagal. Anda hanya harus benar sekali, dan kemudian semua orang akan mengatakan bahwa Anda adalah orang yang sukses dalam waktu semalam.

Masukkan 11 tips di atas sebagai pedoman saat bekerja dan Anda akan berada di jalan menuju karir dan kehidupan yang sukses. Yakinlah apa yang Anda inginkan akan bisa didapat.​

Sumber: Liputan6

About A Halia