Breaking News

Apa Mahar yang Paling Bagus?

mahar-pernikahan-1024x1024

thayyibah.com :: Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah.” Dalam riwayat abu daud, di sebutkan :
“Sebaik-baik nikah adalah yang paling mudah.” (HR. Abu Daud, no. 2117; Al-Hakim, 2: 181-182. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim juga shahih sebagaiman dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalamAl-Irwa’, 6: 344) . . .

Hadits di atas menunjukkan bahwa mahar yang paling bagus dan menjadi mahar terbaik adalah mahar yang paling mudah untuk dipenuhi. Inilah yang dipersiapkan oleh calon suami, hendaklah pihak wanita dan perempuan mudah menerima hal ini. Kalau maharnya itu serba sulit dan memberatkan, itu menyelisihi yang dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. . . . .

Dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Termasuk berkahnya seorang wanita, yang mudah khitbahnya (melamarnya), yang mudah maharnya, dan yang mudah memiliki keturunan.” HR. Ahmad, 6: 77 . . . .

Mudahnya mahar memiliki manfaat yang begitu besar:
Mengikuti sunnah (ajaran) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Memudahkan para pemuda untuk menikah, dan Mudahnya mahar akan menyebabkan cinta dan langgengnya kasih sayang.

About A Halia