Breaking News

Wapres Kutuk Serangan Israel ke Palestina

Wapres Maruf Amin
Foto: Republika/ Wihdan

 

Wapres mendorong PBB menyelesaikan masalah Israel dan Palestina.

thayyibah.com :: Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengutuk serangan Israel terhadap masyarakat Palestina dalam beberapa hari terakhir. Ma’ruf pun mendesak perlunya penyelesaian menyeluruh antara Israel dan Palestina.

“Kita tentu mengutuk ya penyerangan itu yang memakan korban. Tapi kita berpikiran bahwa penyelesaian Israel itu harus menyeluruh, harus tuntas, sehingga hal itu tidak terus terjadi,” ujar Ma’ruf kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (15/11).

Ma’ruf menilai, untuk menghentikan saling serang antara Israel dan Palestina, diperlukan solusi dua negara atau two state solution yang dirancang oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.

“Resolusi dua negara yang kemudian dilakukan sebagau satu kesepakatan bagi negara Israel dan Palestina untuk bisa hidup berdampingan secara damai,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf menyebut, faktor lain yang perlu dilakukan rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas. Ma’ruf meyakini, rekonsiliasi dari kedua kelompok pejuang kemerdekaan Palestina ini akan mampu menyelesaikan persoalan Israel-Palestina.

“Di kalangan Palestina sendiri itu bisa menyatukan diri antara Hamas dan fatah. Mereka saja tidak pernah akur berdua ini kelompok. Kalau tidak bisa menyatukan kedua kelompok ini bagaimana menyelesaikan persoalannya,” ujar Ma’ruf.

Karenanya, Indonesia, kata Ma’ruf akan mendorong dua hal tersebut untuk menyelesaikan persoalan Israel dan Palestina.

“Indonesia akan mendorong itu semua, dua-dua hal itu akan kita dorong,” kata Ma’ruf.

 

Sumber : republika.co.id

About A Halia