Breaking News

Munafik Terhadap Shalat

shalat-rawatib1

thayyibah.com :: Saudaraku seiman…Di bawah ini sifat buruk kaum munafik terhadap shalatnya:

1. Kaum munafik merasa berat dalam mengerjakan shalat. Rasulullah bersabda: “Tidak ada shalat yang paling berat atas kaum munafik dari shalat Shubuh dan Isya’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Kaum munafik tidak menghadiri shalat berjamaah. Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Sungguh aku telah melihat kami (yaitu para shahabat radhiyallahu ‘anhum), tidak ada yang absen darinya (shalat berjamaah), kecuali seorang munafik yang dikenal kemunafikannya.” (HR. Muslim)

3. Kaum munafik mengakhirkan shalat ashar sehingga matahari mau terbenam.

4. Kaum munfaik shalatnya terlalu cepat, tidak thuma’ninah seperti burung memakan makanannya.

5. Kaum munafik tidak mengingat Allah di dalam shalatnya kecuali sedikit. Rasulullah bersabda: “Itu adalah shalatnya seorang munafik, ia duduk menunggu matahari, sehingga jika matahari tersebut terletak antar dua tanduk setan (mau terbenam), maka ia bangun (shalat) ia shalat dengan cepat sebanyak empat rakaat, tidak menyebut/mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.” (HR. Muslim)

6. Kaum munafik riya’ di dalam shalatnya. Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An NIsa’: 142)

Judul full kajian: tazkiyatun nafs
Ustadz Ali Hasan Bawazier

About A Halia