Breaking News

Lakukan 4 Cara Ini Agar Layar Smartphone Tak Mudah Baret

Layar smartphone rusak

thayyibah.com :: Tahukah kamu, kalau layar adalah salah satu komponen smartphone yang sensitif dan memiliki risiko kerusakan tinggi? Sebab, letaknya berada di bagian terluar bodi smartphone.

Maka dari itu, perawatan layar smartphone membutuhkan perlakuan khusus dan terbilang spesifik. Kamu harus melakukan perawatan secara berkala dengan menggunakan alat yang bersifat lembut.

Sebenarnya, merawat layar smartphone mudah dan praktis. Asalkan kamu rajin melakukannya. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar layar  smartphone kamu tak cepat baret.

1. Lapisi dengan Pelindung Tambahan

Layar smartphone pecah atau retak merupakan jenis kerusakan terparah pada smartphone ketika tak sengaja terjatuh.

Beberapa merek smartphone biasanya sudah melengkapi perangkat smartphone besutannya dengan pelindung layar bawaan. Kebanyakan, layar dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass.

Meskipun Gorilla Glass dirancang untuk tahan terhadap benda tajam ataupun tumpul, tetapi tak sepenuhnya dapat melindungi layar dari kerusakan dan goresan.

Layar dengan perlindungan Gorilla Glass memang jarang mengalami goresan kasar, namun kerap mengalami goresan halus.

Untuk menghindari hal tersebut, tak ada salahnya bila Anda melindungi layar smartphonedengan pelindung tambahan. Tapi ingat, pilih pelindung layar yang berkualitas agar performa sentuhan layar tetap berjalan dengan baik.

2. Pakai Kain Microfiber

Kain microfiber untuk membersihkan layar smartphone (Sumber: Android Pit)

Kain microfiber yang biasa digunakan untuk mengelap atau membersihkan lensa kacamata, direkomendasikan untuk membersihkan permukaan layar smartphone karena memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Jangan membersihkan permukaan layar smartphone dengan kain yang kasar, seperti pakaian karena bisa menimbulkan goresan halus. Kamu juga tidak dianjurkan untuk menggunakan tissue karena terbuat dari bahan daur ulang seperti kertas.

3. Aplikasikan Cairan Pembersih dengan Benar

Data di smartphone berlayar rusak pun dapat dipindahkan dengan mudah. (Doc: Staples)

Ketika menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan ke permukaan layar secara langsung. Ada baiknya, kamu semprotkan terlebih dahulu ke kain pembersih.

Kontak langsung dengan cairan pembersih disinyalir dapat membuat layar smartphonerusak karena cairan pembersih mengandung unsur kimia yang dapat meresap ke dalam panel layar.

4. Jauhkan Kuku

Layar ponsel adalah bagian paling penting dari smartphone kamu (Sumber: Android Pit)

Pada dasarnya, penggunaan layar sentuh seharusnya memakai jari. Akan tetapi, pengguna, khususnya wanita terkadang menyentuh layar dengan menggunakan kuku mereka yang panjang.

Perlu diketahui, bagian tajam dari kuku lama-kelamaan bisa meninggalkan bekas di layar seperti goresan. Walhasil, layar smartphone menjadi tidak sedap dipandang dan bisa mengurangi sensitivitas layar sentuh.

Sumber: liputan6.com

About A Halia