Breaking News

8 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Android untuk Fasih Baca Alquran

thayyibah.com :: Untuk fasih dalam membaca lantunan ayat Alquran, kamu membutuhkan proses belajar alias mengaji. Tanpa perlu membawa lagi Alquran secara fisik, berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar mengaji terbaik untuk smartphone Android.

Untuk mampu melantunkan sekaligus memahami ayat-ayat dalam Alquran, kamu pastinya harus mempelajarinya lewat proses mengaji. Saat ini hanya berbekal smartphone Android saja, kamu sudah bisa mengaji kapan pun dan di mana pun.

Bakal makin memperdalam ilmu agama Islam kamu, berikut beberapa rekomendasi aplikasi belajar mengaji di smartphone Android yang boleh kamu coba.

Inilah 8 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Android

Saat ini kamu tidak perlu repot-repot menggunakan Alquran dalam bentuk fisik untuk belajar ngaji, cukup dengan smartphone Android saja guys.

Bisa kamu manfaatkan di sela-sela waktu luangmu, inilah rekomendasi 8 aplikasi mengaji terbaik di Android yang bisa kamu siapkan pada smartphone kamu.

1. Al’Quran Bahasa Indonesia

Al'Quran Bahasa Indonesia
Al’Quran Bahasa Indonesia 3.9.1
Apps Productivity MartinVillar.com
DOWNLOAD

Aplikasi ngaji di Android Al’Quran Bahasa Indonesia sangat cocok untuk kamu yang ingin membaca Quran dari sebuah smartphone. Selain itu, sesuai dengan namanya, kamu juga dapat mengerti secara mudah sebab di sini juga menyajikan bahasa Indonesia.

Bahkan, kamu bisa menyalin ayat ke clipboard untuk kamu bagikan di media sosial. Jadi, download aplikasi mengaji Android Al’Quran Bahasa Indonesia yuk!

Kelebihan Kekurangan
Tersedia terjemahan dalam Bahasa Indonesia Fitur tajwid berwarna hanya pada 2 surat
Fitur copy clipboard untuk berbagi ayat Masih adanya iklan di versi gratis
Fitur pengingat waktu salat

2. Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla

Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla
Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla 6.5.4
Apps Productivity Muslim
DOWNLOAD

Aplikasi mengaji terbaik selanjutnya adalah Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla. Aplikasi mengaji Android ini sangat berguna untuk kamu yang memeluk agama Islam. Pasalnya, aplikasi ini menyajikan 6 fitur menarik termasuk kalender salat menurut Alquran serta kompas yang menunjukkan arah Mekah.

Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla 2

Menarik bukan? Selain itu, kamu juga akan selalu diingatkan dengan fitur notifikasi yang menunjukkan waktu salat lima waktu. Segera download aplikasi Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla ya!

Kelebihan Kekurangan
Aplikasi Islam dengan fitur paling lengkap Iklan pada versi gratis
Tersedia berbagai macam pilihan bahasa
Pilihan ayat tiap hari

3. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia
Al Quran Indonesia 2.5.8
Apps Productivity Andi Unpam
DOWNLOAD

Aplikasi mengaji di Android berikutnya adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini memiliki terjemahan Bahasa Indonesia dengan fitur audio dalam format .MP3 murottal full Alquran 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.

Jangan takut kebingungan untuk memakainya, sebab tampilan antarmuka yang dimilikinya sangatlah user friendly. Kamu bisa membaca Quran baik dalam bentuk portrait ataupun landscape.

Tunggu apa lagi, cepat download aplikasi Al Quran Indonesia!

Kelebihan Kekurangan
User interface cukup friendly Terdapat isu crash pada beberapa perangkat
Murottal Alquran dan juz dalam versi gratis
Fitur copy clipboard untuk berbagi

4. Al Quran

Al Quran
Al Quran 2.0
Apps Productivity Islamic Apps
DOWNLOAD

Aplikasi Al Quran ini juga cocok untuk kamu install dalam smartphone Android kamu. Aplikasi ngaji terbaik di Android ini sudah memiliki terjemahan dalam 27 bahasa.

Wow, kamu jadi bisa bebas dan leluasa ingin melihat terjemahan dalam bahasa apa pun. Ayat-ayat di dalamnya juga telah disinkronkan audio Tilawah. Jangan sampai enggak di-install aplikasi Al Quran pada smartphone kamu ya!

Kelebihan Kekurangan
Terjemahan dalam 27 bahasa User interface terlalu sederhana
Sinkron dengan audio Tilawah
Ringan

5. Al Quran Juz Amma Lengkap

aplikasi-anak-juz-amma
Al Quran Juz Amma Lengkap 3.2.1
Apps Productivity ABC Education Studio
DOWNLOAD

Aplikasi ngaji terbaik lainnya adalah Al Quran Juz Amma Lengkap. Mulai sekarang, kamu jangan malu jika memang belum bisa membaca Alquran. Sebab, kamu bisa belajar mengaji menggunakan aplikasi mengaji Android ini terutama untuk bacaan-bacaan di Juz Amma.

Mulai belajar ya sebelum makin bertambah umur, dan download aplikasi Al Quran Juz Amma Lengkap!

Kelebihan Kekurangan
Al Quran lengkap dengan Juz Amma User interface terlalu sederhana
Ringan digunakan

6. Marbel Belajar Hijaiyah

Marbel Belajar Hijaiyah
Marbel Belajar Hijaiyah 1.14
Apps Productivity Educa Studio
DOWNLOAD

Selain belajar mengaji untuk orang dewasa, aplikasi Marbel Belajar Hijaiyah cocok digunakan untuk anak-anak usia 3-5 tahun. Aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai permulaan dalam mengenali huruf hijaiyah, disertai dengan animasi serta audio-visual yang mudah untuk dipahami.

Bukan hanya belajar saja, aplikasi ngaji ini juga memiliki berbagai konten seru seperti permainan yang enggak boleh dilewatkan. Segera download aplikasi Marbel Belajar Hijaiyah ya!

Kelebihan Kekurangan
Cocok untuk pemula Masih terdapat kesalahan pada lafaz huruf
Animasi dan audio-visual menarik
User interface mudah dipahami

7. Marbel Belajar Mengaji

Marbel Belajar Mengaji
Marbel Belajar Mengaji 1.17
Apps Productivity Educa Studio
DOWNLOAD

Untuk tingkat lebih lanjut, Educa Studio selaku pengembang memiliki aplikasi Marbel Belajar Mengaji yang memiliki konten untuk belajar membaca huruf Arab. Hal ini pun semakin diperlengkap dengan harokat seperti Fat kha, Kasroh, Dumma dan Tanwin.

Untuk yang baru belajar membaca tulisan Arab, juga disediakan Iqro dengan berbagai tingkatan yang disesuaikan, yuk buruan downlad Marbel Belajar Mengaji.

Kelebihan Kekurangan
Cocok untuk pemula dan tingkat lanjut
Animasi dan audio-visual menarik
User interface mudah dipahami

8. Marbel Belajar Tajwid

Marbel Belajar Tajwid
Marbel Mengaji Tajwid 1.3
Apps Productivity Educa Studio
DOWNLOAD

Belum lengkap rasanya jika membaca Alquran belum dengan baik dan benar. Marbel Belajar Tajwid memberikan pengetahuan secara informatif mengenai bagaimana cara melafalkan huruf-huruf Alquran, mulai dari tebal tipis, panjang pendek, sifat dan cara membaca dengan baik.

Dilengkapi dengan contoh bacaan dan audio, aplikasi ini cocok untuk berbagai kalangan umum yang belajar mengaji. Download aplikasi Marbel Belajar Tajwidpada tautan berikut.

Kelebihan Kekurangan
Cocok untuk pemula dan tingkat lanjut untuk belajar tajwid Pilihan bahasa kurang
Animasi dan audio-visual menarik Kesalahan penempatan audio tajwid
User interface mudah dipahami

Akhir Kata

Nah, itulah 8 aplikasi mengaji terbaik di Android yang Jaka rekomendasikan buat kamu. Semoga artikel ini memberikan manfaat, dan kamu bisa semakin lancar mengaji dan melantunkan ayat Alquran ke depannya! Selamat mencoba.

Sumber: jalantikus.com

About A Halia