Breaking News

Mau Mempercepat Windows Kamu? Pakai Saja 6 Software Ini

thayyibah.com :: Permasalahan komputer lambat pada sebuah komputer tampaknya telah menjadi penyakit yang umum. Pasalnya hampir setiap komputer, bahkan komputer super canggih sekalipun kemungkinan besar pernah mengalaminya. Untuk itulah, Jaka akan kasih tahu kamu 6 software guna untuk mengatasi permasalah ini dan mempercepat Windows kamu.

1. CCleaner

Software pertama untuk mempercepat komputer kamu adalah CCleaner. Sebagian besar dari kamu pasti sudah mengenal software ini, karena memang software ini cukup terkenal. Selain itu kabar baiknya adalah software ini juga dapat kamu pakai secara gratis.

foto-softonic-cepatkomputer1

Sumber foto: Foto: SoftonicCCleaner adalah software yang tergolong kecil, tapi sangat efektif untuk membersihkan sampah yang membebani kinerja Windows. Sampah-sampah itu misalnya temporary files, registry dan lain sebagainya. Untuk memakai software ini, kamu bisa download melalui tautan JalanTikus berikut.

CCleaner 5.22.5724
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

2. Advanced Uninstaller PRO

Berikutnya, kamu bisa mempergunakan Advanced Uninstaller PRO. Sesuai namanya, software ini berfungsi untuk uninstall software-software dari Windows kamu. Tidak sebatas melakukan uninstall seperti software bawaaan Windows, software ini juga akan merapikan registrykamu yang berubah karena software yang sudah kamu instal sebelumnya.

foto-softonic-cepatkomputer2ok

Sumber foto: Foto: SoftonicAda satu fitur lagi yang cukup membantu dari software ini, yaitu bisa scanningterhadap software-software yang tidak bermanfaat dan membebani sistem komputer kamu. Untuk memakai software ini, kamu bisa download melalui tautan JalanTikus berikut.

Advanced Uninstaller PRO 11.59
Apps Cleaning & Tweaking Innovative Solutions
DOWNLOAD

3. Malwarebytes

Selanjutnya ada Malwarebytes. Software ini berfungsi untuk melakukan scanning terhadap sistem komputer kamu, apakah ada malware yang menginfeksinya atau tidak. Bukan tidak mungkin, kalau ternyata konfigurasi kamu sudah maksimal, tapi komputer kamu tetap lambat. Hal ini bisa jadi karena adanya malware pada sistem komputer kamu.

foto-filehippo-cepatkomputer3

Sumber foto: Foto: File HippoSeandainya kamu masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan malware, kebetulan dulu Jaka pernah membuat artikelnya. Kamu bisa membaca artikel Jaka berikut untuk mengenal lebih jauh mengenai malware.

Biar Komputer Awet, Yuk Kenali Malware Sebelum Terlambat!

Sistem komputer kerap kali diserang virus. Nah, yang paling populer menyerang adalah malware. Yuk, kenali malware sebelum terlambat!
LIHAT ARTIKEL

Untuk memakai software ini, kamu bisa download melalui tautan JalanTikus berikut.

Malwarebytes Anti-Malware 2.2.1
Apps Antivirus & Security Malwarebytes
DOWNLOAD

4. MS Config atau Task Manager

Selanjutnya, kamu bisa mempergunakan software bawaan dari Windows, yaitu MS Config atau Task Manager. Melalui software ini, kamu dapat mengatur start up sistem komputer kamu.

foto-jalantikus-cepatkomputer4

Dengan semakin banyaknya software start up pada komputer kamu, artinya setiap kamu menyalakan komputer, maka komputer kamu wajib membuka software-software tersebut. Dengan menguranginya, tentu saja akan membuat sistem komputer kamu menyala lebih cepat.

5. Disk Fragment

Selanjutnya masih dengan software bawaan Windows, yaitu adalah Disk Fragment. Hard disk pada dasarnya terdiri atas susunan blok. Pada saat kamu instal sebuah software atau menyimpan sebuah data, dan lain-lain, lama-kelamaan akan membuat blok-blok tersebut berantakan.

foto-jalantikus-cepatkomputer5

Dengan blok-blok yang berantakan, tentunya akan membuat komputer kamu lambat. Kalau mempergunakan Disk Fragment, kamu dapat merapikan kembali blok-blok tersebut. Dan tentunya setelah blok-blok tersebut rapi, komputer kamu dapat berjalan jauh lebih cepat.

6. Mengganti Software Kamu dengan yang Lebih Ringan

Yang terakhir ini lebih tepatnya berupa trik. Apabila kamu merasa komputer kamu lambat, mungkin bisa saja karena software yang kamu pergunakan memang berat. Solusinya, kamu dapat mengganti software tersebut ke software lain yang mirip, tapi lebih ringan.

Contohnya, Google Chrome. Google Chrome pada dasarnya memakan banyak RAM, alternatifnya kamu bisa mempergunakan Mozilla Firefox. Nah sebagai referensi agar kamu tidak bingung harus mengganti software kamu dengan software apa saja, kamu bisa kunjungi situs AlternativeTo.

foto-alternativeto-cepatkomputer6ok

Sumber foto: Foto: Alternative ToItulah 6 software dari Jaka untuk mempercepat komputer kamu hingga 200 persen. Jaka harap informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba ya!

Banner: Tech Regar

Sumber: jalantikus

About A Halia