Breaking News

7 Ide Hiasan Aquarium yang Nggak Menguras Dompet

thayyibah.com :: Hobi memelihara ikan adalah salah satu kesenangan pribadi yang sering diasosiasikan dengan pengeluaran besar. Bagaimana tidak? Selain harga ikan peliharaan yang bisa berjuta-juta harganya, masih ada juga aspek pemeliharaan yang rutin dan hiasan aquarium yang tidak ada habisnya. Seringkali, banyak yang menghentikan hobi memelihara ikan setengah jalan karena biaya pemeliharaan dan keinginan dekorasi yang menguras kantong.

pinterest.com

Hiasan aquarium sangat banyak variasinya. Kreativitas tanpa batas dari hiasan aquarium juga berarti kamu bisa punya banyak kebebasan memilih jenis-jenis hiasan aquarium sesuai bujetmu. Jadi tidak usah putus asa duluan, khusus untuk kalian yang kebetulan sedang mencari ide hiasan aquarium on budget alias tidak mahal, Kania punya 7 ide hiasan aquarium yang tidak pakai mahal. Yuk lihat langsung bareng Kania!

1. Hiasan Aquarium Plastik Bikin Asyik

pinterest.com

Hiasan aquarium dari bahan plastik adalah salah satu contoh dekorasi aquarium yang paling populer dan tersedia dalam berbagai variasi, misalnya bentuk tumbuh-tumbuhan, aksesoris aneka rupa dan tempelan dari bahan plastik.

Hiasan aquarium jenis plastik juga umumnya relatif murah dan bisa didapatkan mulai dari harga kira-kira Rp 20.000 saja. Hanya saja, kamu harus lebih memastikan kualitas hiasan aquarium dari bahan plastik karena ada beberapa jenis hiasan aquarium plastik yang tidak begitu ideal digunakan, misanya hiasan plastik yang memiliki unsur metal di dalamnya yang bisa berkarat dan membahayakan kesehatan ikan. Dengan hiasan aquarium dari bahan plastik yang tepat, kegiatan memelihara ikan dijamin semakin asyik!

2. Driftwood Artifisial Yang Adem

aquariadise.com

Hiasan aquarium dari bahan kayu driftwoodmerupakan aksesoris dari kayu alami yang sudah berlubang, membusuk dan sering ditemukan di alam bebas seperti taman ataupun tepi pantai. Karena kepadatan dan bobotnya yang cukup signifikan, hiasan aquarium driftwood sering ditempatkan di dasar aquarium dengan baik dan tidak mengapung ataupun membusuk.

Hiasan aquarium yang satu ini juga sudah tersedia di penyedia bahan-bahan pemeliharaan ikan dan dijual dalam berbagai variasi bentuk yang indah. Hiasan aquarium driftwood biasa dipasang dengan selang sebagai suplai oksigen untuk ikan di dalam aquarium. Jadi, posisinya sangat cocok untuk menyembunyikan kabel oksigen di tengah-tengah aquarium.

pinterest.com

Nah, untuk solusi murahnya, kamu boleh memilih hiasan aquarium driftwood artifisial dari plastik atau bahan campuran lainnya. Selain lebih terjangkau, hiasan aquarium driftwood juga tidak mudah tersumbat air atau ditumbuhi lumut. Hiasan aquarium sintetis ini rata-rata aman sepanjang ikan peliharaan kamu tidak suka memakan dari hiasan driftwood itu sendiri.

3. Batu Hiasan Aquarium Dari Bahan Keramik

pinterest.com

Jangan terkejut jika mendengar  harga hiasan aquarium yang berbentuk bebatuan kecil, terutama dari jenis batu aquarium yang otentik berkualitas tinggi. Kehadiran bebatuan aquarium memiliki manfaat yang cukup tinggi, yaitu sebagai anti stres untuk ikan.

Oleh karena itu, kamu harus pintar menyiasati hiasan aquarium ini dari segi budget, yaitu dengan cara mengganti dengan hiasan aquarium batu dari bahan plastik atau keramik. Hiasan aquarium dari kedua bahan tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih rendah, tapi memiliki penampilan yang hampir identik dengan hiasan batu aquarium asli loh!

4. Hutan Kecil Di Bawah Air

youtube.com

Hiasan aquarium yang berbentuk tanaman, baik plastik maupun khusus untuk bawah air, biasanya tidak harus sangat mahal dan lumayan mudah didapatkan. Kunjungi toko- toko penjual bahan ikan dan aquarium saja dan Kania yakin kamu akan menemui banyak sekali pilihan tanaman hias berbagai jenis sebagai hiasan aquarium murah meriah.

Hiasan aquarium yang bertema hutan hijau juga bisa didapatkan dengan cara mencampur berbagai material. Pilih beberapa tanaman seperti lumut Jawa atau pakis yang umumnya minim perawatan dan tahan lama. Kombinasikan dengan hiasan aquarium hijau dari bahan plastik, tapi pastikan dulu kalau seluruh hiasan aquarium hijau dari plastik ini bebas dari bahan dan kandungan kimia.

5. Pilih Tema Tertentu Sesuai Selera

google.com

Ingin punya hiasan aquarium yang berbeda dan mencerminkan karakteristik tersendiri? Coba saja dengan mencari hiasan aquarium khusus tema tertentu seperti inspirasi gambar diatas. Pilih hiasan aquarium yang ikonik seperti rumah nanas atau pesawat ulang alik hitam, tambahkan dengan aksesoris mini yang bisa menyemarakkan hiasan aquarium milikmu.

Kamu juga tidak perlu menambahkan hiasan aquarium ini sekaligus, dekorasi bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan. Dijamin, kegiatan memelihara ikan sekaligus punya hiasan aquarium yang dipenuhi karakter lucu membuat hobi kamu ini semakin menyenangkan.

6. Hiasan Aquarium Dari Laci Dapur Rumahmu

Percaya atau tidak, laci dapur rumahmu memiliki banyak hiasan aquarium tak terduga yang bisa kamu manfaatkan loh. Peralatan dapur dari bahan alami seperti keramik, tanah liat atau kaca adalah hiasan aquarium yang cocok baik dari segi bahan yang aman, dekorasi yang cukup indah dan juga bobot yang pas supaya tidak terapung.

ebay.com

Pilih cangkir kecil minum teh yang antik, wadah kaca kecil, atau teko liat kecil yang unik, sampai mangkok sambal yang cocok jadi tempat nyantai untuk si ikan kesayangan. Dengan kreativitasmu mengolah pernak-pernik dapur yang lucu, kamu bisa mendapatkan sebuah wadah akuarium lengkap dengan hiasan aquarium yang lucu dan lain daripada yang lain.

7. Latar Cetak Untuk Hiasan Aquarium Terjangkau

youtube.com

Langkah terakhir untuk mendekorasi aquarium cantik tanpa harus mengeluarkan biaya mahal adalah dengan  mencetak latar belakang sebagai hiasan aquarium milikmu. Teknik ini bukan metode baru melainkan adalah salah satu cara memperindah aquarium secara praktis, efisien, dan tetap efektif.

Kamu bisa mencari inspirasi apa saja berkat ketersediaan artwork atau desain berkualitas tinggi di internet loh. Pastikan saja kamu menggunakan kertas berbahan glossy yang lebih tebal dan tempelkan secara perlahan di balik layar kaca aquarium. Selain itu, pastikan juga hasil print yang tajam dan indah dengan memilih file yang berukuran besar dan menggunakan mesin cetak profesional.

Keren bukan tips mendekorasi hiasan akuarium tadi? Jangan hanya akuarium saja, jangan lupa lengkapi rumahmu dengan perabotan dan dekor dari dekoruma. Selamat mencoba ya!

Sumber: dekoruma.com

About A Halia