Breaking News

6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Motif Tegel

thayyibah.com :: Salah satu ciri khas dari rumah kuno di Indonesia adalah lantai ubin yang bermotif khas. Salah satunya adalah motif tegel yang akhir-akhir ini mendapatkan perhatian masyarakat internasional. Banyak yang mengatakan bahwa motif tegel merupakan motif asli dari Indonesia. Benarkah demikian?

Pada artikel ini, Kania akan menjawab rasa penasaran kamu tentang motif tegel dan fakta-fakta mengenai motif tegel yang harus kamu ketahui. Ingin mengetahui motif tegel lebih dalam? Oleh karena itu, simak artikel ini ya!

1. Motif Tegel bukan berasal dari Indonesia

Tegel

squarespace.com

Motif tegel merupakan salah satu motif kuno yang telah ada diperkirakan semenjak abad ke-13 hingga abad ke 15. Motif tegel memiliki sejarah yang sangat panjang. Motif tegel yang populer di Indonesia berasal dari negara Spanyol dan Portugal, di negara asalnya, motif ini memiliki nama sebutan Azulejo.

Konon, bangsa Spanyol yang menduduki benua Amerika tiba di wilayah yang saat ini menjadi negara Meksiko. Para pendatang dari Spanyol mengajarkan pada penduduk lokal di daratan Meksiko tentang bagaimana cara membuat ubin motif tegel. Motif tegel yang dibuat para pengrajin di Meksiko lebih terkenal ketimbang yang berasal dari Spanyol karena memiliki dilapisi dengan zat pengkilap dan memiliki durabilitas yang lebih tinggi.

Motif Tegel

wordpress.com

Motif tegel yang berasal dari Meksiko dinamakan Talavera, diambil dari nama wilayah bangsa Spanyol mengajarkan penduduk lokal cara membuat motif ini, Talavera de la Reina. Karena kepopulerannya, masyarakat internasional lebih mengenal motif ini sebagai karya asli kebudayaan Meksiko.

Sebelum bangsa Spanyol memproduksi motif tegel, peradaban dari wilayah Arab membuatnya terlebih dahulu dalam rangka mengimitasi motif mozaik yang dibuat oleh peradaban Romawi. Kemudian, berbagai pedagang dan seniman yang berasal dari daratan Eropa mengadopsi motif unik ini, meleburkan kreativitas dan kearifan lokal sehingga terciptalah motif-motif tegel yang memiliki keunikannya tersendiri berdasarkan tempat dimana motif ini dibuat.

2. Mengapa dinamakan Tegel?

Asal Nama Tegel

milexa.com

Pada saat itu, di tahun 1920an, sebuah pabrik pengrajin lantai ubin yang terletak di Pulau Jawa bernama Tegel & Beton Kunci memproduksi motif-motif ini. Konon yang membangun dan memiliki pabrik ini adalah warga berkebangsaan Belanda, Louis Maria Stocker dan Jules Gerrit Commane.

Tegel sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yang diartikan sebagai ‘ubin’ dalam bahasa Indonesia.

Pabrik tegel kemudian dibeli oleh seorang Warga Negara Indonesia keturunan Tionghoa. Setelah memasuki era 1970an, bisnis ubin motif tegel asli Indonesia mengalami kesulitan akibat masuknya kompetitor jenis ubin lain yang bisa diproduksi secara cepat dan masif.

3. Motif Tegel digunakan oleh Keraton Yogyakarta

Tegel Yogya

pinterest.com

Pabrik pembuat ubin bermotif tegel khas Indonesia berlokasi di kota Yogyakarta. Pada mulanya, pabrik ini bernama Firma Tegel Fabrik Midden Java, karena lokasi Yogyakarta yang berada di tengah pulau Jawa.

Ubin lantai produksi pabrik ini banyak dibeli oleh orang-orang kaya dan bangsawan pada masa itu karena kualitas dan nilai estetika dari motif yang dihasilkan. Selain itu, tidak banyak pabrik yang memproduksi ubin bermotif pada masa tersebut. Lokasi pabrik yang dekat dengan Keraton Yogyakarta juga menjadikan ubin lantai besutan pabrik Tegel & Beton Kunci digunakan oleh Keraton, hal ini tentu saja mendongkrak popularitas motif tegel dan namanya tersebar luas di Nusantara.

4. Tidak sekadar ubin lantai, motif tegel merupakan karya seni

Tegel Karya Seni

interiordesign.lovetoknow.com

Ada berbagai jenis motif tegel tersedia dan bisa dibeli dengan mudah di pasaran. Mulai dari kisaran harga ribuan rupiah per keping ubin hingga mencapai ratusan ribu rupiah per meternya. Semakin tinggi nilai seni dan estetika dari ubin lantai motif tegel, maka semakin tinggi pula harganya.

Motif tegel yang diproduksi oleh Kunci memiliki harga yang cukup fantastis, karena sejak tahun 1997, sejumlah seniman lokal mengubah strategi pemasaran dari motif tegel yang semula hanya berfungsi sebagai pelapis beton lantai menjadi bagian dari karya seni. Dikabarkan, harga ubin lantai tegel Kunci berkisar dari 250 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Ubin lantai tegel memperoleh kembali perhatian dari masyarakat diiringi dengan banyaknya peminat. Untuk memesan ubin lantai bermotif tegel di pabrik Kunci, tidak jarang kamu harus menunggu selama berbulan-bulan hingga pesananmu jadi, karena banyaknya orang yang memesan, bahkan dari luar negeri.

Tegel Karya Seni Lantai

visitlisboa.com

Ubin lantai motif tegel diproduksi menggunakan tangan, satu demi satu keping. Cara tradisional ini ditujukan untuk menghasilkan nilai estetika yang unik. Mulai dari pembentukan, embossing, hingga pewarnaan, semuanya manual menggunakan tangan tanpa bantuan mesin.

Saat ini tidak banyak yang memproduksi ubin lantai tegel dengan cara tradisional seperti yang dipraktikan oleh pabrik Kunci. Kebanyakan ubin lantai bermotif tegel diproduksi masif menggunakan mesin canggih, sehingga proses produksinya bisa lebih cepat dan masif.

5. Berbagai macam motif tegel bisa dijadikan alternatif penghias lantai

Karena motif tegel diadaptasi oleh berbagai kebudayaan di dunia, ada beragam motif tegel yang memiliki nilai estetika yang unik dari masing-masing kebudayaan.  Pengrajin tegel meleburkan kebudayaan dari wilayah asal mereka ke dalam produk yang mereka buat. Motif tegel yang berasal dari Indonesia memiliki motif seperti batik tulis, dengan karakteristik shading warna yang lebih lembut dan gelap.

Motif tegel asal Spanyol yang disebut Azulejomemiliki pola dasar geometris dengan tonewarna netral. Ubin lantai motif tegel khas Spanyol dan Portugis memiliki banyak kesamaan ciri, seperti empat keping ubin yang apabila disusun akan menjadi sebuah bentuk baru.

Macam Motif Tegel

decorfacil.com

Warna biru dan putih diaplikasikan pada ubin lantai motif tegel dari negara-negara ini, yang dipengaruhi oleh kebudayaan pada abad ke-15 hingga abad ke-17. Bangunan-bangunan klasik yang saat ini masih berdiri megah seperti gereja kuno, mengaplikasikan ubin lantai tegel yang membuat bangunan tampak berkilau dan indah.

Sedangkan motif tegel a la Meksiko yang disebut Talavera memiliki ciri khas motif yang menggambarkan sebuah objek pada tiap keping ubin yang dipengaruhi oleh kepercayaan setempat. Pada mulanya, warna ubin bermotif tegel asal Meksiko didominasi oleh warna biru dan putih, sebagaimana motif Azulejo yang merupakan asal mula dari penciptaan Talavera. Saat ini, tersedia beragam motif ubin lantai tegel dengan warna dan pola yang beragam dari negeri Istana ini.

6 Perawatan yang sangat mudah dan kualitas material yang kokoh

Perawatan Mudah Tegel

tonsoftiles.co.uk

Ubin lantai bermotif tegel melalui proses yang cukup panjang dan memakan waktu untuk membuatnya. Akan tetapi, proses yang memakan waktu cukup lama menghasilkan material yang kuat.

Selain itu, perawatan lantai ubin tegel juga sangat mudah. Untuk menjaga ubin tetap mengkilap, bersihkan ubin dengan cairan pembersih lantai secara rutin. Ubin tegel memiliki tekstur yang tidak licin dan cepat kering meskipun tanpa kipas angin. Dijadikan pelapis dinding eksterior pun tidaklah masalah, karena warna dan pola yang tergambar pada ubin tidak mudah memudar.

Itulah asal usul dari motof tegel yang sangat terkenal, apa kamu jadi ingin mengaplikasikannya di rumah? Selain lantai, jangan lupa memilih perabotan dan desain interior yang pas untuk rumahmu lewat dekoruma. Cek juga artikel home and living menarik lainnya di dekoruma!

About A Halia