Breaking News

7 Kuliner yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Kalau ke Istanbul, Turki

https://www.theturkishshop.com

thayyibah.com :: Turki merupakan negara terbesar di kawasan Eurasia. Ibukota Turki adalah Ankara, namun banyak wisatawan, termasuk masyarakat Indonesia yang menjadikan Istanbul sebagai destinasi liburannya karena Istanbul adalah jantung perekonomian, budaya, sejarah dan hiburan bagi negara Turki.

Selain kaya akan sejarah, arsitektur bangunan yang indah dan megah, kehidupan malam yang sangat aktif dan beragam, masakan khas Turki yang bercitarasa tinggi menjadi ‘harta karun’ dan magnet bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Turki, khususnya di Istanbul.

Makanan apa saja yang perlu kamu cicipin dan gak boleh terlewatkan selama di Istanbul? Cari tahu di sini yuk!

1. Kebab.

https://sportourism.id

Sapa yang gak kenal dengan Kebab? Makanan yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, kebab juga telah menjamur dimana-mana. Kebab di Turki cukup sehat karena tidak menggunakan mayonnaise dan banyak saus untuk bumbu di dalamnya.

Kebab adalah irisan daging kambing, domba atau sapi yang telah dibumbui dan dipanggang, kemudian ditambahkan sayuran, seperti irisan tomat, selada, jamur, bawang Bombay, saus sambal dan digulung didalam roti pita yang gurih.

2. Dolma.

carriageandhorses.ne

Penampilannya mirip dengan lemper di Indonesia. Dolma adalah nasi yang diisi dengan lauk daging domba/sapi cincang, terong, paprika, tomat, kol dan bumbu rempah, kemudian dibungkus dengan daun anggur dan dikukus sampai matang.

3. Hummus.

https://www.yelp.com

Hummus merupakan hidangan pembuka khas Turki. Biasanya makanan ini disantap bersama dengan roti pita.

Hummus terbuat dari olahan kacang arab (chickpeas), olive oil, air lemon, lada dan garam. Hummus disajikan sebagai saus untuk cocolan roti pita. Unik ya!

4. Manti (Turkish Ravioli).

http://www.panningtheglobe.com

Manti mirip dengan ravioli pada masakan Italia atau pangsit pada masakan Cina. Bedanya adalah isian Manti terbuat dari daging sapi atau domba cincang dengan bumbu khas Turki yang kaya akan rempah.

Manti bisa dimakan dengan dua cara, yaitu direbus atau digoreng. Dan biasanya disiram dengan saus dari yoghurt dan mentega cair, kemudian ditaburi dengan bubuk cabe.

5. Baklava.

https://www.village-bakery.com

Roti manis yang satu jangan sampai kelewatan ya, guys! Roti ini adalah roti khas Turki dan sudah terkenal seantero jagat.

Baklava adalah roti lapis berisi kacang-kacangan yang disajikan bersama dengan madu atau sirup. Kamu mudah sekali menemukan Baklava, hampir semua toko kue di Turki menjualnya.

6. Simit.

https://www.theturkishshop.com

Simit merupakan jajanan khas kaki lima yang sangat populer di Turki. Sangat mudah menemukan Simit di Turki. Simit adalah roti berbentuk cincin yang permukaannya ditaburi dengan wijen, teksturnya kering dan renyah.

Kamu bisa mengkonsumsi begitu saja sebagai camilan atau dinikmati sambil minum teh Turki.

7. Kofte (Meatball).

https://me.popsugar.com

Kofte adalah salah satu hidangan andalan di Turki dan merupakan sejenis steak berukuran kecil seperti perkedel, yang terbuat dari campuran daging sapi atau kambing/domba, daging ayam yang telah dihaluskan, dan dicampur dengan bumbu rempah dan bawang bombay.

Cara mengolah Kofte ini bisa dipanggang, direbus dan digoreng sesuai selera kamu. Dan biasanya Kofte disantap bersama dengan salad atau nasi dan saus.

Asyiknya kulineran sambil menikmati kemegahan bangunan dan keriuhan kota Istanbul!

 

Sumber: idn times

About A Halia