Breaking News

Keutamaan Memelihara dan Mengkonsumsi Daging Kambing

kambing

thayyibah.com :: Dari Ummu Haani’: Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Peliharalah kambing, karena padanya terdapat barakah.” [HR. Ibnu Majah no. 2304, Ahmad 6/342 & 6/424, Ishaq bin Rahawaih 5/28-29 no. 2129-2131)

Dari ‘Urwah Al-Bariqiy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Kambing itu barakah, sedangkan onta adalah kemuliaan bagi pemiliknya.” (HR. Ibnu Majah no. 2305, Abu Ya’la no. 6828, Ibnu Abi ‘Ashim dalam Al-Ahadu wal-Matsaniy no. 2401)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidaklah Allah mengutus Nabi melainkan ia menggembala kambing”. Sahabatnya bertanya: “Apakah engkau (juga menggembala kambing) ?”. Beliau menjawab: “Ya, dulu aku menggembala kambing milik penduduk Makkah dengan upah beberapa kirat emas/dinar.” (HR. Bukhari no. 2262, Ibnu Majah no. 2149, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 2185)

Imam Al Qurthubi menjelaskan: “Allah telah meletakkan barakah pada kambing dimana kambing dapat dimanfaatkan untuk pakaian (kulit/bulu), makanan (daging), minuman (susu), banyaknya anak (yang dihasilkan) – karena kambing beranak setahun tiga kali – , hingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing dapat membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain”. (Al-Jami’ li-Ahkamil-Qur’an, 10/80)

Kami tekankan bahwa daging kambing tidak berbahaya bahkan padanya terkandung keberkahan dan kebaikan yang banyak.

Daging kambing tidak berbahaya, yang menyebabkan naiknya tekanan darah dan naiknya kolesterol bisa jadi karena cara pengolahan daging yang tidak sehat, misalnya memakai bumbu dan minyak yang berlebihan, terlalu lama diolah sehingga vitamin dan kandungan mineralnya hilang.

Jika Anda ingin beternak, maka beternaklah kambing. Selain mempunyai prospek bisnis yang cerah, margin keuntungan yang lumayan, juga Anda akan mendapatkan pahala, insya Allah.
? Ustadz DR. Khalid Basalamah, Lc. MA.

 

About A Halia