Breaking News

Cara Melentikkan Bulu Mata

matathayyibah.com :: Kecantikan sangatlah penting bagi seorang wanita. Salah satu bagian tubuh yang dapat menambah kecantikan wanita adalah mata. Mata yang indah adalah mata yang berbentuk bulat dan memiliki bulu mata panjang serta lentik. Wanita akan tampil lebih menarik jika bulu matanya hitam, panjang dan lentik, terlebih dihadapan pria. Sayangnya, tidak semua wanita tercipta dengan bulu mata yang indah ini sehingga mereka harus melakukan berbagai cara untuk bisa mempercantik bulu matanya.

Beberapa cara yang sering dilakukan adalah menggunakan bulu mata palsu atau pasangan, menggunakan peralatan make up, seperti maskara. Cara-cara ini merupakan cara yang paling tepat untuk kamu bisa mendaptkan bulu mata yang indah. Namun, hasilnya pun tidak akan bertahan lama sehingga kamu harus mencari cara lain atau alternatif untuk bisa membuat panjang dan lentik bulu mata tanpa menggunakan alat bantu atau make up. Lantas, bagaimana cara mendapatkan bulu mata yang lentik?

Kamu dapat menggunakan bahan alami yang aman dan ampuh dalam membuat bulu mata lentik dan panjang. Meskipun terlihat ribet dan hasilnya yang tidak instan, tapi cara ini lebih aman karena tidak akan terjadi iritasi mata.

Sebelum mengetahui apa saja cara membuat bulu mata lentik dan tebal secara alami, maka lebih baik jika kita membahas mengenai penyebab bulu mata kurang indah, antara lain:

  • Faktor usia
  • Genetik atau keturunan
  • Penggunaan make up berlebih
  • Gejala penyakit tertentu
  • Asupan gizi yang kurang

Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami

Berikut ini adalah cara melentikan bulu mata secara alami dan permanen, yaitu:

1. Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyal sejuta manfaat ini. Minyak zaitun sudah dikenal sejak dahulu, bahkan pada masa ratu Mesir Cleopatra minyak ini digunakan untuk merawat kecantikan. Ternyata, hasil penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi sehingga baik untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun ini agar bulu mata lentik maksimal dengan cara berikut, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun pada bulu mata. Ratakan minyak tersebut pada bulu mata dan pejamkan mata saat mengoleskan atau meneteskan minyak zaitun ini agar tidak mengenai mata. Tunggulah sampai minyak tersebut mengering lalu segera bilas dengan air dingin.

2. Minyak Kastor

Minyak kastor mudah dijumpai di dataran Timur Tengah dan Mediterania untuk dikonsumsi. Minyak tersebut sangat bermanfaat untuk orang yang terkena serangan jantung dan penderita kanker, seperti yang dijelaskan WHO. Selain khasiatnya untuk kesehatan, minyak ini juga bisa membuat bulu matamu lebih lentik secara alami.

Namun jangan sampai salah memilih minyak ini karena banyak ditemui minyak lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan minyak kastor. Cara penggunaannya bisa dilakukan sebelum tidur dengan mengoleskannya pada bulu mata secara merata. Diamkan terlebih dahulu hingga pagi barulah saat bangun tidur, bilas mata dengan air dingin hingga bersih.

3. Madu

Bahan yang satu ini memanglah mempunyai manfaat yang sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Nutrisi yang terkandung, mulai dari mineral alami hingga vitamin dapat menjaga kesehatan kita. Tapi, siapa sangka bahwa madu ini juga berguna untuk melentikkan bulu mata.

Bagi kamu yang menginginkan bulu mata secara alami maka pilihlah madu yang berkualitas karena madu yang abal-abal atau tidak berkualitas dapat mengurangi khasiat yang ada. Tunggu beberapa saat kemudian hingga madu tersebut meresap dan pada umumnya, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit.

4. Susu Murni

Susu mengandung banyak nutrisi yang menjadikan minuman ini kaya manfaat seperti madu. Umumnya, susu digunakan sebagai pemutih kulit wajah dan ketiak, namun ternyata susu juga bisa digunakan untuk membuat bulu mata lentik. Manfaat ini diperoleh dari kandungan protein, kalsium, vitamin, fosfor, dan mineral alami lainnya yang akan merangsang pertumbuhan rambut pada bulu mata.

Cara penggunaannya pun cukup mudah yakni dengan mengocok susu terlebih dahulu hingga keluar buih kemudian mengoleskan susu tersebut pada bulu mata (setelah mandi) dan tunggu hingga kering lalu bilas bersih.

5. Bedak Bayi

Siapa sangka bedak bayi ternyata bisa melentikkan bulu mata kita. Bedak bayi mempunyai tekstur yang lembut sehingga mampu melekat pada bulu mata yang membuat bulu mata lebih bervolume. Cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi adalah dengan menggunakan maskara terlebih dahulu dan kemudian mengusapkan bedak bayi menggunakan jari pada bulu mata.

Langkah terakhir adalah dengan mengusapkan maskara lagi pada bulu mata. Gunakanlah teknik sekali usap untuk membuat bulu mata tidak lengket.

6. Kulit Lemon

Lemon adalah bahan tradisional yang bisa melentikkan bulu mata dengan berbagai nutrisi yang terkandung. Cara penggunaannya adalah dengan merendam air lemon dengan minyak zaitun dan minyak jarak selama 4 hari. Kemudian gunakan ramuan ini sebagai masker dan gunakan minimal 2 hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Telur Udang

Belum banyak yang tahu mengenai telur udang ini, tapi ternyata telur ini bisa menumbuhkan rambut atau bulu lebih cepat. Manfaat ini didapatkan dari protein yang terkandung di dalam telur udang ini sangat tinggi. Cara penggunaannya adalah menyiapkan telur udang di tangan terlebih dahulu, kemudian memecahkan telur tersebut dan mengoleskannya pada bulu mata secara merata.

Mungkin baunya cukup menyengat tapi tunggulah sekitar 30 menitan. Apabila bulu mata sudah terasa kaku maka bilaslah dengan air dingin sambil mandi untuk menghilangkan bau amisnya.

8. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dari dulu dalam memperpanjang rambut sehingga bisa digunakan juga untuk melentikkan bulu mata. Cara penggunaannya ialah dengan menjemur lidah buaya terlebih dahulu sampai layu dan kemudian ambil lendirnya saja. Gunakan lendir tersebut pada bulu mata dengan membentuknya dengan jari agar terlihat lebih lentik.

9. Mencukur Ujung Bulu Mata

Sebagaimana proses tumbuh rambut dimana pemotongan ujung rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Begitu juga dengan bulu mata dimana bagian ujungnya juga rentan akan kerusakan. Oleh karena itu, pemotongan bulu mata haruslah dilakukan setidaknya 3 bulan sekali. Inilah cara melentikan bulu mata tanpa alat.

10. Daun Sirih

Manfaat daun sirih ini akan bisa lebih maksimal jika dikombinasikan dengan lidah buaya. Cara penggunaannya adalah dengan meremas-remas daun sirih sampai menghasilkan lendir. Lalu oleskan lendir tersebut pada ujung lidah buaya setelah dipatahkan. Tunggulah sampai lendir tersebut menyatu dengan lendir lidah buaya sekitar 5 menit. Kemudian, oleskan cairan tersebut ke bulu mata dan diamkan sekitar 2 jam. Jangan lupa untuk membersihkannya setelah selesai.

About A Halia