Breaking News

Bahaya Bercermin Terlalu Sering!

CKJ-006thayyibah.com :: Kalian pasti tau yang namanya kaca kan yaa, yang namanya cewek biasanya nih gak bisa lepas dari yang namanya kaca atau cermin. Setiap saat ada saja saat kita make nih benda. Biasanya kita ngaca kalau pas make up, abis makan, atau setiap saat. Kalau aku pribadi sih emang gitu, tiap hari aku bisa menghabiskan waktu sekitar lebih 5 jam untuk ngaca. Setiap selesai aktivitas pasti ngaca, karena terlalu khawatir takut bedak luntur, terus bibir kering, wajah berminyak, mata gak segar, so setiap saat aku cek kondisi wajahku.

Ternyata kondisi kaya gini nih, bahaya banget! Aku baru tau kalau ternyata terlalu sering ngaca, bisa menimbulkan suatu penyakit yang berbahaya bagi kita. Menurut seorang psikolog bernama Andrew Hill dari Leeds University of Medicine mengemukakan bahwa terlalu sering bercermin bukanlah hal yang baik dan dapat menimbulkan stres serta kecemasan yang luar biasa. Pada kondisi ini , kebiasaan ini bahkan berdampak pada timbulnya gangguan kejiwaan kronis yang disebut dengan Body Dismorphic Disordir (BDD). Ini ditandai dengan kecemasan yang luar bisa pada penampilan fisik, merasa bahwa fisik kita emang jauh dari sempurna karena kehawatiran yang luar biasa. Jika ini berkepanjangan bisa menimbulkan depresi.

Apa yang dikatakan sama psikolog ini bener banget, kaya yang apa aku rasakan. Jadi karena terlalu khawatir dengan keadaan wajahku, takut bibir kering lah, wajah berminyak lah dan sebagainya, jadi aku sering ngaca, ternyata ini bahaya banget. Jadi, aku mesti ngerasa minder atau gak pede kalau gak ngaca dulu.

sekarang aku mau ngikutin apa yang disaranin sama psikolog ini, jadi kita bisa mengurangi durasi kita ngaca, karena semua perubahan itu gak bisa instan, jadi bisa mengurangi sedikit demi sedikit. Kalau durasinya biasanya sehari bisa ngaca sebanyak 7x, tinggal dikurangi aja jadi 5x, terus 3x dan seterusnya. Nanti akan ada perubahan kondisi psikologis yang kita rasakan jauh lebih baik. Mungkin saja kita akan lebih menghargai dan menerima kekurangan diri kita.

Hari ini masih mencoba, masih hari pertama. Khawatir banget kalau sampai berlebihan kaya gini ya. Jadi kesimpulannya kita harus  berusaha untuk bisa mengurangi ngaca biar gak berlebihan ya.

Cantik itu relatif dan yang pasti gak ada manusia yang sempurna, karna kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Terus kalau kita berusaha untuk tidak terlalu khawatir sama kondisi wajah kita yang mungkin masih ada gangguan kaya jerawat. Jangan terlalu fokus pada kekurangan yang ada pada diri kita, masih banyak hal positif yang bisa kerjakan yang juga bisa menambah nilai kecantikan kita. Mulai sekarang jangan khawatir lagi ya karena kita diciptakan berbeda beda, dan setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetep positive thinking ya!

About A Halia