Breaking News

Efek Samping Memakai Softlens dalam Jangka Panjang

sell_soft_lens_color_lens

thayyibah.com :: Berikut ini adalah beberapa efek samping memakai softlens dalam jangka panjang yang umum dan sering saya ditemukan

1. Iritasi/ Mata Merah
Salah satu resiko yang sering sekali terjadi adalah terjadinya iritasi dimana biasanya mata anda akan memerah dan agak gatal iritasi disebabkan oleh debu atau tangan anda tidak steril ketika memakai softlens.
2. Bleparitis
Bleparitis adalah keadaan dimana mata tidak sesuai dengan softlens yang digunakan sehingga menimbulkan Inflamasi pada kelopak mata. untuk mengatasi hal ini adalah dikompress dengan air hangat setelah itu lakukan penanganan dengan cepat yaitu mengunjungi dokter untuk dilakukan perawatan yang lebih baik.
3. Infeksi Kornea
Infeksi kornea adalah salah satu bahaya yang cukup ditakuti oleh para pemakai softlens. penyebab dari penyakit ini adalah karena infeksi bakteri, virus, kuman, dan jamur, yang paling penting untuk mencegah dari penyakit ini adalah menjaga tangan tetap steril dan hindari tempat yang kotor berdebu, serta merawat softlens dengan tepat.
4. Edema
Apa itu edema? edema adalah suatu kondisi dimana mata kekurangan oksigen dan sangat kelelahan sehingga berujung pandangan mata anda menjadi kabur. salah satu cara menghindarinya adalah dengan memakai softlens yang memiliki teknologi oksigen dapat mengalir dengan bebas ke mata. tapi tetap saja yang lebih baik adalah tidak memakai softlens sama sekali.
5. Softlens Meleleh
Bisa anda bayangkan sendiri seberapa ngerinya hal tersebut. biasanya hal ini rentan terjadi pada softlens murahan yang terbuat dari plastik tipis dan digunakan terlalu lama disuhu panas atau dibawah terik matahari langsung.
sebaiknya hindari tempat yang memiliki suhu panas atau dibawah terik matahari dan selalu lepas softlens ketika dirumah adalah pilihan paling bijak.
6. Keratitis
Terakhir adalah keratitis, apa itu Keratitis? Keratitis adalah peradangan yang terjadi pada kornea mata yang infeki oleh virus Adenovirus dan ditularkan melalui softlens yang anda pakai. penyakit ini adalah yang paling mengerikan karena menyebabkan kebutaaan dan mata menjadi putih.
Ciri-ciri yang ditimbulkan saat penyakit ini mulai menghinggapi anda adalah mata menjadi bengkak, disekitar bola mata anda berwarna merah, dan megeluarkan cairan yang sangat berlebih. jika anda merasakan gejala ini langsung hentikan pemakaian softlens untuk sementara dan langsung kunjungi dokter yang tepat.
Dari beberapa efek samping memakai softlens jangka panjang yang saya tulis diatas apakah anda pernah mengalaminya sendiri atau anda pernah menemui kejadian serupa disekiatar anda? kesehatan tak ternilai harganya maka dari itu jangan korbankan kesehatan dengan style yang nyleneh.
Sumber: softlensa.com

About A Halia