Breaking News

Amazon Garap Aplikasi Chat Pesaing WhatsApp

Thayyibah.com:: Jakarta. Perusahaan internet Amazon dikabarkan segera membuat aplikasi pesan instan miliknya sendiri yang bersaing langsung dengan WhatsApp.

Laporan E&T menyebutkan aplikasi chat milik Amazon itu bernama Anytime. Seluruh kabar itu diketahui dari sebuah survei pelanggan yang menanyakan kemungkinan layanan pesan instan baru. Dalam survei itu terdapat pertanyaan mengenai fitur yang paling dibutuhkan di aplikasi chat.

Adapun fitur-fitur yang akan dimiliki Anytime cukup beragam. Dengan ambisi mengalahkan semua aplikasi pesan instan yang ada saat ini, Anytime memiliki fitur enkripsi pesan, terintegrasi dengan SMS, panggilan suara dan video, stiker, GIF, emoji, permainan, berbagi foto, @mention, hingga filter foto. Namun hal baru yang mereka tawarkan adalah pemesanan makanan via grup.

Agar cepat dikenal pengguna baru, Amazon berencana menggunakan sistem yang berbeda dengan WhatsApp yang mewajibkan nomor ponsel untuk mendaftar.

“Menjangkau semua temanmu melalui namanya saja. Tak perlu ada nomor,” tulis Amazon seperti diwartakan E&T.

Manuver Amazon membuat aplikasi chat bukannya tanpa alasan. Sebagai satu dari sedikit raksasa internet seperti Google, Facebook, dan Microsoft, Amazon satu-satunya yang tidak punya aplikasi chat ke konsumen.

Google punya beragam layanan pesan instan seperti Allo dan Hangout. Kendati tak pernah benar-benar sukses, Google terus berupaya mencari ramuan terbaik untuk menciptakan aplikasi chat yang populer.

Sementara itu, Facebook bisa dikatakan sebagai penyedia layanan pesan instan tersukses saat ini. Perusahaan bikinan Mark Zuckerberg ini punya WhatsApp dan Facebook Messenger yang masing-masing telah diunduh lebih dari satu miliar kali. Microsoft sendiri memiliki Skype. Walaupun lebih dikenal sebagai aplikasi panggilan video, Skype punya fitur pesan instan.

Ambisi Amazon berkecimpung di bidang aplikasi sudah bukan rahasia. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos ini telah meluncurkan Chime, layanan konferensi video untuk bisnis, pada Februari 2017 lalu.

Proses penciptaan Anytime disebut sudah purna. Dalam waktu dekat Amazon dikabarkan sgera meluncurkan Anytime. (Smr/cnnindonesia)

About Abu Fira Smart