Breaking News
Wanita Sholehah, Ibarat Bidadari Syurga

Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Wanita Sholehah, Ibarat Bidadari Syurga
Wanita Sholehah, Ibarat Bidadari Syurga

thayibba.com :: Meskipun berhijab, kita tak boleh abai terhadap permasalahan kulit kepala dan rambut. Berikut perawatan kulit kepala dan rambut secara umum untuk wanita, dengan beberapa tambahan yang saya kutip dari ahli kulit Amerika Serikat, Dr Zoe Diana Draelos, MD. Ia adalah konsultan ahli dermatologi yang perhatian pada permasalahan kulit, kuku, dan rambut.

 

o   Teratur mencuci rambut, paling tidak dua hari sekali. Jangan terlalu sering, karena dapat menghilangkan lemak pelindung di kulit kepala.

o   Sehabis keramas, jangan langsung menyisir rambut. Sisirlah jika rambut sudah mulai kering. Hindari menggunakan sisir bergigi rapat, pilih yang bergigi jarang.

o   Jangan gunakan hair dryer dengan suhu terlalu panas untuk mengeringkan rambut. Lebih baik keringkan rambut secara alami, seperti dengan handuk dan bantuan kipas angin.

o   Sisir rambut paling tidak tiga kali sehari. Ini dimaksudkan untuk memijat kulit kepala agar peredaran darah di kepala lancar. Biasanya Karena tidak terlihat, perempuan berjilbab cenderung malas merawat rambut, termasuk menyisir rambut. Jadi bukan salah jilbabnya jika terjadi masalah pada rambut dan kulit kepala, tapi karena memang tidak dirawat. Yang tidak pakai jilbab pun, kalau tidak merawat rambut, akan menemuimasalah yang sama.

o   Jangan mengikat rambut terus-menerus yang dapat menyebabkan rambut tegang tertarik sehingga terlihat rontok, padahal patah. Sebaiknya rambut diurai jika sedang di rumah.

o   Agar beban rambut berkurang, ubah garis belahan rambut beberapa bulan sekali. Misalnya saat ini belah kanan, tiga bulan kemudian belah kiri atau tengah, begitu seterusnya. Panjang rambut pun juga harus diganti; saat ini panjang, lain waktu dipotong sebahu.

o   Lindungi rambut dari sinar matahari langsung. Berjilbab adalah cara yang tepat. Pilih bahan jilbab yang bisa membuat udara di rambut bersirkulasi dengan baik.

o   Menutrisi rambut dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama sayur dan buah. Sesekali melakukan perawatan rambut (creambath) di salon juga boleh.

 

Sumber: Majalah Ummi, Konsultasi Kecantikan 06-XXVIII Juni 2016

About A Halia