Breaking News

Ini Dia Takjil Nikmat dari Berbagai Daerah di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

http://www.kompas.com
http://www.kompas.com

thayyibah.com :: Menjelang bulan puasa, banyak hal yang kemudian ramai dibicarakan. Ada yang mulai nyusun rencana traveling pas liburan Lebaran, ada yang ngomongin jadwal buka bareng, ada juga yang mulai mikirin pengen makan apa pas buka puasa. Ya, takjil atau camilan pembuka puasa adalah salah satu hal yang paling dinantikan orang yang berpuasa.

Nah, kalau kamu sering main-main ke berbagai daerah di Indonesia, pasti sering banget nemu jajanan unik yang menggoda selera banget. Ini Jalan2Men bikinin daftar takjil yang mungkin bikin puasamu makin penuh tantangan. Namanya mungkin jarang kamu dengar, tapi kenikmatannya jangan diragukan.

 
1. Jejongkong

Hijau-hijau nikmat…www.resepcaramasak.com 

Berasal dari Lampung, menu takjil ini sekilas mirip kolak. Bedanya, isi jejongkong dibuat dari adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan.

 
2. Kanji Rumbi

Bisa ngenyangin juga… www.masakandapurku.com 

Takjil khas dari daerah Pidie, Aceh, ini sebenarnya mirip bubur ayam di Jakarta, tapi isinya lebih banyak karena ditambah potongan daging atau udang dan sayuran berupa potongan wortel dan kentang. Kanji rumbi biasanya hanya muncul saat bulan puasa.

3. Colenak 

Buat penyuka manis-manis… www.indonesiana.co.id 

Takjil khas Bandung ini terbuat dari peuyeum atau tapai yang dibakar, lalu disiram saus gula merah sebagai cocolan. Nama “colenak” merupakan singkatan dari “dicocol makin enak”. Kamu pasti pernah nyobain, dong?

4. Kicak

Banyak kelapanya… www.travel.kompas.com 

Menu takjil khas Yogyakarta ini cuma dijual pas bulan puasa. Dulu, sih, katanya kicak ini dibuat dari singkong, tapi sekarang dibuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, daun pandan, dan potongan nangka. Kicak ini biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang.

5. Bubur Kampiun

Duh, menggoda banget. www.cookpad.com 

Menu takjil khas Minangkabau ini merupakan campuran dari kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum, dan ketan hitam. Nama kampiun, sih, katanya berarti pemenang (mungkin dari champion, ya) karena penciptanya pernah menang kontes masak pada tahun 1960-an.

6. Es Selendang Mayang

Segar dan nikmat! www.rasamasa.com 

Es cantik berwarna-warni seperti selendang ini adalah minuman tradisional Betawi. Dibuat dari kuah santan, gula merah, dan potongan selendang mayang yang terbuat dari tepung beras ini sudah jarang ditemukan sehari-hari di jalan. Tapi, kalau lagi ada hajatan Betawi, biasanya tukang esnya akan muncul. Bisa juga kamu coba cari di sekitar Kota Tua. Rasanya segar dan nikmat!

 
7. Es Pisang Ijo

Favorit semua orang www.resepdanmasakan.com 

Es pisang ijo adalah menu takjil khas Makassar yang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, di Jakarta apalagi. Kalau bulan puasa, biasanya tukang esnya akan berjajar di pinggir jalan. Terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung beras ditambah potongan es dan santan, es ini enak banget disantap pas buka puasa.

8. Es Pleret

Satu lagi menu takjil yang unik dan cuma ada di Blitar, Es Pleret namanya. Hampir sama dengan menu es lainnya, Es Pleret juga berkuah santan dan gula merah, dengan isian berupa bola-bola yang terbuat dari tepung beras yang diwarnai putih dan merah jambu. Cocok pokoknya untuk berbuka!

Gimana, jadi enggak sabar pengen berbuka, ya? Lah, puasa aja belum. Kalau kamu punya menu takjil favorit lain, boleh banget berbagi di bawah, ya.

Sumber: malesbanget.com

About A Halia