Tindakan Pertama Jika Khilaf Makan Saat Berpuasa

thayyibah.com :: Seringkali di hari-hari awal puasa, banyak orang yang lupa bahwa mereka sudah memasuki bulan ramadan dan mulai menjalani ibadah puasa. kelalaian yang sering terjadi adalah sifat lupa, yakni makan atau minum tanpa disengaja.

Jika bangun di hari pertama di bulan Ramadan kemudian seseorang makan, dikarenakan tidak sadar hari itu awal Ramadan, apakah harus berpuasa atau berbuka?

CNNindonesia.com menyempatkan diri bertanya langsung kepada warga dan jawabannya pun beragam. Ada yang berpendapat jika sudah terlanjur masuk di mulut, langsung ditelan lalu jangan dilanjutkan lagi. Dan jika sudah sadar sedang berpuasa, makanan yang ada di mulut segera dibuang.

Namun jika terlanjur sudah makan dan minum dalam keadaan benar-benar lupa, hal tersebut masih diperbolehkan dan dapat melanjutkan puasa. Mana yang benar?

Dalam tayangan TAJIL (Tanya Jawab Seputar Islam) yang ditayangkan CNNIndonesia.com setiap pukul empat pagi, KH Maman Imanul Haq selaku Ketua Lembaga Dakwah PBNU memberikan jawabannya yang bijak. Dalam program TAJIL ini pula, KH Maman Imanul Haq membagi jawaban lainnya seputar puasa, setiap harinya selama bulan Ramadan.

KH Maman Imanulhaq menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, seringkali terjadi di hari-hari pertama berpuasa lupa telah memasuki ramadan. Bangun pagi lalu sarapan, mengambil sisa makanan yang ada di meja bekas sahur.

“Inilah kasih sayang Allah. Barangsiapa orang yang lupa padahal dia sedang berpuasa, lalu dia makan dan minum, maka dia sempurnakan puasanya, karena Allah maha sayang sehingga memberikan kesempatan makan dan minum,” ujar KH Maman Imanul Haq.

Namun jika saat makan dan minum ia lalu teringat sedang menjalani ibadah puasa, maka harus segera dihentikan.

“Jangan sampai makanan masih di bibir, lalu ia baru ingat dan terus makan. Nah itu tentu membatalkan puasa,” ujarnya menambahkan.

Jadi, jika seseorang sudah ingat bahwa dirinya sedang puasa, namun makanan atau minuman belum masuk ke mulut, jangan diteruskan. Bila diteruskan dengan kesadaran, maka puasa tentu batal. Lain hal jika sudah terlanjur makan dan minum dalam keadaan lupa, segera hentikan jika teringat dan kembali lanjutkan puasanya.

Demikianlah ilmu yang disampaikan oleh KH Maman Imanul Haq. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa kita berguna bagi kehidupan dan diterima oleh Allah.

Sumber: CNN

About A Halia