Breaking News

‘Negara’ Facebook Kini Punya 1,9 Miliar ‘Penduduk’

Thayyibah.com: Jakarta, Posisi Facebook sebagai raksasa internet makin kukuh setelah laporan terbaru menyebutkan pengguna mereka terus bertambah. Laporan kuartal pertama 2017 menunjukkan Facebook terus dipakai oleh hampir dua miliar penguna aktif setiap bulannya.

Pencapaian tersebut dipamerkan oleh Mark Zuckerberg, sang pendiri sekaligus CEO, di akun Facebook resminya.

Dalam status yang diunggahnya pada Rabu 3 Mei, terdapat sejumlah pencapaian yang Facebook raih di laporan terbaru. Salah satunya adalah jumlah pengguna aktif bulanan yang kini mencapai 1,9 miliar.

“Komunitas kami sekarang sudah punya lebih dari 1,9 miliar pengguna aktif per bulan, termasuk hampir 1,3 miliar orang yang aktif setiap hari,” tulis Zuckerberg.

Angka itu berarti setengah populasi dunia yang sudah menggunakan internet aktif di Facebook. Sebagai catatan, berdasarkan data Internet World Stat, masyarakat di seluruh dunia yang punya akses ke internet per 31 Maret 2017 berjumlah 3,7 miliar.

Ini berarti penetrasi Facebook di seluruh penduduk dunia yang telah mengenal internet sudah mencapai 51 persen. Pencapaian tersebut menasbihkan Facebook sebagai raja jejaring sosial.

Namun dominasi Facebook tak hanya nampak dari layanan utamanya. Masih dari infografik yang sama, aplikasi lainnya yang berada di bawah naungan Facebook pun juga mencatat performa yang cukup mengesankan.

Instagram misalnya, dalam laporan terbaru memperoleh pengguna aktif setiap bulan sebesar 700 juta. Sementara untuk aplikasi pesan instan WhatsApp dan Messenger kini sudah digunakan secara aktif oleh 1,2 miliar pengguna setiap bulan.

Melihat laporan tersebut, raihan Facebook nampak tak goyah meski sejumlah kasus menimpa mereka. Belakangan, sejumlah kasus bunuh diri dan pembunuhan merebak di platform Facebook. Hal itu lantas menyebabkan keresahan bagi pengguna lainnya di seluruh dunia.

Pada status yang Zuckerberg buat sebelumnya, Facebook berencana merekrut pengawas tambahan terkait mencegah konten sensitif menyebar luas.

“Saya sudah memberitahukan sebelumnya kami akan menambah 3.000 orang di tim operasional kami agar unggahan yang dilaporkan bisa ditinjau lebih cepat,” aku Zuckerberg. Dilansor CNN indonesia

About Abu Fira Smart