Breaking News

Niat Baik Tak Sia-sia Meski Tak Terlaksana

1496372456520

thayyibah.com :: Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh Allah SWT mencatat semua kebaikan dan keburukan, kemudian menerangkan yang demikian (mana yang baik dan mana yang buruk). Siapa saja yang berkehendak mengerjakan kebaikan, kemudian kebaikan itu tidak jadi dia lakukan, maka dicatatlah oleh Allah SWT sebagai suatu kebaikan yang sempurna di sisi-Nya. Siapa saja yang berkehendak mengerjakan kebaikan, kemudian kebaikan itu jadi dia lakukan, maka dicatatlah oleh Allah sebagai sepuluh kebaikan di sisi-Nya, sampai menjadi tujuh ratus kali lipat, bahkan dapat sampai berlipat-lipat dengan amat banyak sekali.

Sebaliknya, siapa saja yang berkehendak mengerjakan keburukan, kemudian keburukan itu tidak jadi dia lakukan, maka dicatatlah oleh Allah SWT sebagai suatu kebaikan yang sempurna di sisi-Nya. Siapa saja yang berkehendak mengerjakan keburukan itu, lalu keburukan itu jadi ia lakukan, maka dicatatlah oleh Allah SWT sebagai satu keburukan saja di sisi-Nya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Hadis di atas menunjukkan betapa besarnya kasih sayang Allah SWT kepada kita sebagai umat Rasulullah saw. Karena itu janganlah kita menyepelekan niat untuk melakukan suatu kebajikan, sekalipun kecil, karena tetap akan dicatat sebagai kebaikan meski tidak urung kita laksanakan. Apalagi jika kebaikan itu terlaksana; pasti akan dilipatgandakan pahalanya. Sebaliknya, kita harus segera meninggalkan keburukan yang mungkin pernah kita niatkan karena di situ pun terdapat satu kebaikan di sisi Allah SWT.

Sumber: cinta quran

About A Halia