Breaking News

Efektivitas Kampanye Anies-Sandi Via Medsos hingga 30 Persen

Pemilih rasional tidak terpengaruh dengan isu hoax di media sosial.

thayyibah.com :: Anggota DPR dari Fraksi PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, peran media sosial dalam kemenangan Anies-Sandi cukup berpengaruh. Media sosial dinilai cukup efektif sebagai alat kampanye.

“Medsos ya kurang lebih berpengaruh terhadap suara pemilih, saya rasa hampir sekitar 20-30 persen,” ujar Viva dalam diskusi di Gado-gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4).

Namun pria yang juga anggota Pansus Pemilu 2017 ini mengakui, banyak kampanye negatif yang bertebaran di media sosial. Untungnya, menurut Viva, mereka tidak terpengaruh dengan isu hoax.

“Contoh pemilih yang rasional enggak akan dengan mudah terpengaruh dengan hal-hal apa saja yang ada di medsos karena mereka pasti menilai pasangan calon secara rasional lewat visi misi dan program mereka bukan berdasarkan selentingan yang mungkin bisa hampir setiap hari muncul di media sosial,” urainya

Viva mengatakan, selama positif, dia sangat mendukung kampanye menggunakan media sosial. Sayangnya, sulit mengendalikan informasi yang tidak benar di media sosial.

Sementara itu, Komisioner KPU 2012-2017 Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, pengawasan penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye harus ditingkatkan. Medsos jangan sampai jadi alat yang justru merusak demokrasi karena marak informasi yang tidak benar.

“Kami harus pastikan media sosial tersebut digunakan sesuai dengan koridornya dan tidak menyalahi fungsi sebelumnya sebagai sarana kampanye lewat dunia maya bagi para pasangan calon,” tuturnya.

Sumber: kumparan

About A Halia